x

Cetak Brace di Liga 1, Pelatih Persis Solo Tak Pernah Ragukan Fernando Rodriguez

Minggu, 25 Desember 2022 17:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Selebrasi Fernando Rodriguez usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri pada laga Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/12/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tak terkejut dengan brace Fernando Rodriguez di Liga 1 2022/2023. Sejak awal Leonardo tak pernah meragukan kualitas bomber Spanyol.

Leonardo Medina dan Fernando Rodriguez sudah saling kenal sebelum gabung Persis Solo tahun ini. Leonardo dan Fernando sama-sama berada di Johor Darul Takzim (JDT) selama dua tahun terakhir.

Yang sedikit berbeda, Leonardo bekerja intens bersama tim utama JDT sebagai asisten pelatih. Sementara Fernando dalam dua musim lebih sering gabung tim JDT II.

Namun, berada dalam naungan yang sama membuat Leonardo sudah sering mengamati Fernando, baik dalam latihan maupun pertandingan.

Makanya, Leonardo tak pernah meragukan Fernando yang sulit mencetak gol dalam empat partai terakhir. Saat suporter mulai mengkritik Fernando, pelatih asal Meksiko pasang badan dan tetap memberinya kepercayaan.

Baca Juga

Sikap ini pada akhirnya berbuah hasil. Fernando mencetak brace saat Persis Solo menang atas Persik Kediri 3-1. Dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (24/12/22), Fernando mencetak dua gol lewat sundulan kepala.

Dua gol ini membuat Fernando sudah mengoleksi empat gol untuk Persis Solo. Sebelumnya, dia juga sukses membobol gawang Rans Nusantara FC dan Bhayangkara FC.

Baca Juga

Leonardo tak kaget dengan catatan Fernando membuat brace pertama di Liga 1 2022/2023. Sejak awal Leonardo selalu meminta suporter untuk bersabar menantikan aksi Fernando.

"Saya hanya bisa mengatakan kepada suporter untuk bersabar," kata Leonardo Medina mengenai performa Fernando.

Terkadang striker memang seperti itu, harus menunggu momentum yang tepat. Ketika momen itu sudah datang, mereka bisa mencetak gol," tambahnya.

Baca Juga

1. Dukungan Pemain Lain

Pertandingan antara Persik Kediri vs Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/12/22). (Foto: Persis Solo)

Selain Fernando, Ryo Matsumura juga kembali mencetak gol. Satu gol ke gawang Persik membuat mantan winger Vissel Kobe sudah mencatatkan enam gol pada musim perdananya di Indonesia.

"Fernando merupakan striker dengan historis yang bagus dan Ryo adalah pemain yang bagus. Mereka memiliki passion dan saya tahu mereka pemain yang bagus," tutur Leonardo.

Namun, Leonardo mengingatkan bahwa Persis Solo bukan saja memiliki Fernando dan Ryo. Ada deretan penyerang, seperti Samsul Arif, Ferdinan Sinaga, Irfan Bachdim hingga Irfan Jauhari yang juga bisa mencetak gol.

Tak lupa bahwa para penyerang itu butuh kontribusi dari sosok-sosok yang ada di pos gelandang dan belakang. Saat melawan Persik, Abduh Lestaluhu dkk. sudah bekerja sangat bagus.

"Kita akan menjadi lebih kuat karena ini bukan hanya Fernando dan Ryo, tapi kita memiliki banyak striker lain untuk mencetak gol," tutur Leonardo.

"Kita juga tidak bisa melupakan pemain-pemain yang ada di belakangnya, kita memiliki para pemain gelandang dan pemain belakang yang bagus, termasuk Gianluca yang tampil bagus," lanjut Leonardo.

Baca Juga

Bagian Sistem Permainan

Terpisah, asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, turut berbicara mengenai kerja keras Fernando Rodriguez sebagai bomber tim.

Menurutnya, kerja Fernando sebagai penyerang sangat tidak mudah. Fernando merupakan bagian dari sistem permainan, dimana dia harus terus berlari untuk mengganggu proses build up lawan.

Baca Juga

"Konsekuensi dari sistem itu, Fernando tidak sebugar striker lain ketika mendapatkan peluang, karena dia terus berlari sepanjang pertandingan," jelas Rasiman.

Rasiman sejauh ini cukup puas dengan performa dari Fernando. Tak terlintas di pikiran para pelatih Persis Solo untuk mengganti para pemain asing menuju putaran kedua nanti.

"Kami cukup percaya diri dengan skuat ini menuju putaran kedua Liga 1 mendatang," tegas Rasiman.

Baca Juga
Persik KediriPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Fernando RodriguezLiga 1 2022-2023Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini