x

Liga 1 Kembali Pakai Sistem Bubble, Kapten Persib Keluhkan Beberapa Kendala

Rabu, 28 Desember 2022 20:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Kapten tim Persib, Achmad Jufriyanto, setelah gagal memaksimalkan penalti ke gawang PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Kapten tim Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, membeberkan pengalamannya saat mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023 dengan menggunakan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menurut pemain yang akrab disapa Jupe ini, bertanding dengan sistem bubble bukan yang pertama dirasakan olehnya. Pasalnya, pada musim sebelumnya di Liga 1 2021-2022, kompetisi menggunakan sistem bubble.

Bahkan, saat itu sistem bubble digunakan selama satu musim, sehingga tidak ada kendalanya yang dialaminya saat sisa putaran pertama menggunakan format yang sama.

Hanya saja, saat itu aturan pertandingan lebih ketat, lantaran kompetisi berlangsung di tengah meningkatnya kasus Covid-19. Sedangkan di sisi putaran pertama Liga 1 2022-2023, kondisinya lebih longgar.

"Sama saja, dari kita sebagai pemain. tapi karena prokes tidak seketat tahun lalu, jadi mungkin suasana juga agak lebih santai, lebih rileks," kata Jupe.

Baca Juga

Meski demikian, jadwal pertandingan sisa putaran pertama Liga 1 2022-2023 sangat padat, sehingga waktu recovery yang dimiliki pemain lebih singkat dari biasanya.

Sebagai informasi, dari 7 sampai 24 Desember 2022, skuat Maung Bandung melakoni enam pertandingan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca Juga

Dengan jadwal pertandingan yang padat dan recovery singkat, pemain harus bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk istirahat, agar kondisi kebugaran tetap terjaga dan bisa tampil maksimal dalam pertandingan.

"Ya paling itu (kesulitan bubble), pelatih memutar otak dan pemain harus pintar pintar recovery diri kita secara mandiri," ucap pemain yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

"Karena kita mau mengikuti program latihan yang diberikan pelatih itu bisa tidak maksimal, karena balik lagi ke individu masing-masing, bagaimana merecovery diri mereka masing-masing," jelas Achmad Jufriyanto.

Baca Juga

1. Persib Raih Hasil Bagus di Liga 1

Laga pertandingan antara Persib Bandung vs Persik Kediri.

Selama sisa putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023 dengan format bubble, skuat Maung Bandung meraih hasil yang cukup bagus.

Sebagai informasi, pada putaran pertama Liga 1 2022-2023 yang menggunakan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini, tim Persib melakoni enam pertandingan.

Dari enam pertandingan tersebut, skuat Maung Bandung tidak terkalahkan dan berhasil meraih empat kemenangan serta dua kali imbang.

Kemenangan didapat Persib usai menaklukkan Persik Kediri, Persebaya Surabaya, Persis Solo dan Persita Tangerang.

Sedangkan dua kali imbang pada Liga 1 2022-2023 yang menggunakan sistem bubble, yakni saat berhadapan Dewa United dan Persikabo.

Baca Juga

Menurut Jupe, hasil yang didapat pada enam pertandingan tersebut patut untuk disyukuri, pasalnya jadwal sangat padat dan waktu recovery singkat.

"Pemain kita bangga, karena kita bisa menutup bubble ini dengan hasil yang positif, dengan enam pertandingan di Yogya dan Jateng," kata Jupe.

Baca Juga

Pemain yang menggunakan nomor punggung 16 ini menuturkan, hasil yang diraih pada enam pertandingan dengan sistem bubble, menjadi modal untuk menghadapi putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023.

Selain itu, dia juga mengajak rekan-rekannya untuk kembali bekerja keras dan menampilkan permainan terbaiknya, saat putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 dilanjutkan kembali.

Rencananya, putaran kedua Liga 1 2022-2023 bakal digelar pada pertengahan Januari 2023, namun sebelumnya akan digelar tiga laga tunda putaran pertama 9 sampai 11 Januari 2023.

"Dengan hasil ini kita berharap akan terus menjaga hasil positif ini di putaran kedua dengan semangat yang sama, dengan attitude yang sama, motivasi yang sama, sehingga ini gak jadi antiklimaks saat kompetisi berjalan," jelasnya Jupe.

Baca Juga
Persib BandungAchmad JufriyantoLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini