x

Piala AFF 2022: Jelang Lawan Indonesia, Pelatih Filipina Josep Ferre Tak Ingin Jadi Pecundang

Minggu, 1 Januari 2023 21:25 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Preskon Timnas Indonesia jelang melawan Filipina di Piala AFF 2022, Minggu (01/01/23).

INDOSPORT.COM – Pelatih Filipina, Josep Ferre mengaku tak ingin menjadi pecundang pada laga pamungkas fase grup Piala AFF 2022 melawan timnas Indonesia.

Setelah berlangung sejak 20 Desember lalu, gelaran Piala AFF 2022 akan memasuki akhir fase grup pada Senin (2/1/22) besok dan Selasa (3/1/22) lusa.

Laga pamungkas pertama akan datang dari Grup A, di mana salah satunya adalah Filipina vs Indonesia, Senin (2/1/22) malam WIB.

Timnas Indonesia sejatinya belum dapat memastikan diri lolos lebih cepat ke semifinal Piala AFF 2022 setelah pada pertandingan sebelumnya bermain imbang melawan Thailand.

Bermain di hadapan ribuan pendukungnya sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Skuat Garuda hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Thailand.

Baca Juga

Torehan tersebut membuat kepastian lolosnya Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022 ditentukan lewat pertandingan terakhir fase grup.

Pada laga pamungkas babak penyisihan grup, timnas Indonesia dipastikan akan sedikit berada di atas angin sebab sang lawan, Filipina sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

Baca Juga

Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani oleh Filipina, mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dan dua kekalahan.

Torehan tersebut hanya membuat mereka bertengger di posisi ke empat klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan koleksi tiga poin.

Meski sudah pasti tersingkir, pelatih Filipina, Josep Ferre tetap tidak ingin langsung menyerah sebelum pertandingan.

Baca Juga

1. Josep Ferre Siap Beri Pembuktian

Preskon Timnas Indonesia jelang melawan Filipina di Piala AFF 2022, Minggu (01/01/23).

Pelatih Filipina, Josep Ferre bahkan tidak ingin langsung menjadi pecundang begitu saja dalam laga melawan timnas Indonesia, Senin (02/01/23) besok.

Josep Ferre mengaku tetap akan memberikan permainan terbaik untuk melawan timnas Indonesia. Terlebih lagi, Filipina akan bermain sebagai tuan rumah.

Atas situasi tersebut, Josep Ferre tidak ingin memberikan hasil yang buruk dihadapan para pendukungnya nanti.

Bahkan, ia turut menyatakan bahwa pertandingan melawan Indonesia besok akan menjadi kesempatan untuk bisa meningkatkan level permainan timnas Filipina.

“Ini pertandingan terakhir kami di kandang di turnamen ini. Ini sedih bagi kami, tiba di sini. Tapi selalu menjadi laga penting ketika bermain dengan timnas,” ujar Joseph Ferre pada konferensi pers jelang perandingan Filipina vs Indonesia, Minggu (01/01/22).

Baca Juga

“Kami memiliki lawan yang bagus di depan, yakni Indonesia. Ini momen bagus kami untuk menunjukkan kami bisa mencapai level yang lain. Ini kesempatan bagus bagi kami,” tambah Josep Ferre.

Meski begitu, meniliki head to head kedua tim, dalam tiga pertemuan terakhir, Filipina bisa dikatakan lebih unggul dibanding Indonesia.

Baca Juga

Setidaknya, dalam tiga pertemuan terakhir tersebut Filipina mampu sekali menang dan dua kali imbang. Momen kemenangan itu terjadi pada Piala AFF 2014 di mana mereka menang 4-0.

Sedangkan, dua hasil imbang yang mereka raih terjadi saat pertemuan kedua tim di Piala AFF edisi 2016 dan 2018 lalu. Filipina berhasil menahan skuad Garuda 2-2 dan 0-0.

Menilik dari statistik tiga pertemuan terakhir tersebut, bukan tidak mungkin Filipina bisa memberikan kejutan kepada timnas Indonesia.

Baca Juga
FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini