x

Melihat Potensi Pertemuan Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi di El Clasico Semenanjung Arab

Senin, 2 Januari 2023 16:54 WIB
Editor: Isman Fadil
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Saat dikira sudah selesai, ternyata ada peluang Lionel Messi kembali bertemu Cristiano Ronaldo untuk mengakhiri rivalitas yang sudah berlangsung lebih dari satu dekade ini.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu menjadi headline beberapa media, khususnya saat mereka masih berkompetisi di Liga Spanyol (LaLiga) dari tahun 2009 sampai 2018.

Kala itu, Lionel Messi masih berseragam Barcelona. Sementara Cristiano Ronaldo memperkuat Real Madrid.

Rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bukan lagi menjadi rahasia umum. Bahkan prestasi keduanya kerap kali dibanding-bandingkan oleh banyak pihak.

Lionel Messi baru saja membawa Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022, melengkapi gelar Copa America dan Finalissima yang sudah diraihnya.

Baca Juga

Sementara dari rekor individu, Lionel Messi sudah meraih 7 Ballon d'Or. Titel satu gelar The Best FIFA Men's Player, dan status pemain terbaik di Piala Dunia 2014 serta 2018 yang menyempurnakan pencapaian fenomenal sekaligus pembuktiannya di dunia sepak bola. 

Sedangkan Cristiano Ronaldo baru mendapatkan 5 trofi Ballon d'Or. Meski befitu, pencapaian yang tak kalah moncer telah diukir CR7.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo mampu menggondol 30 gelar juara bersama empat klub berbeda, yakni Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Akan tetapi, pemain berusia 35 tahun itu gagal meraih satu pun gelar juara pada musim lalu. Manchester United gagal bersaing di Liga Inggris, Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Bersama Timnas Portugal, CR7 berhasil merengkuh dua gelar juara, yakni Piala Eropa 2016 serta UEFA Nations League 2018/2019.

Baca Juga

1. Kapan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Kembali Dipertemukan?

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

Namun, Ronaldo gagal membawa Timnas Portuga menjadi juara di Piala Dunia 2022. A Selecao harus angkat koper di perempatfinal karena kalah 0-1 dari Maroko. 

Sama seperti Lionel Messi, penghargaan individu dari berbagai ajang memenuhi lemari trofi milik Cristiano Ronaldo.

Selain lima Ballon d'Or, Ronaldo sudah meraih dua titel The Best FIFA Men's Player, serta empat Sepatu Emas Eropa.

Untuk urusan mencetak gol, Ronaldo masih lebih gacor. Pemain 37 tahun mencatatkan 701 gol dari 951 pertandingan di level klub. Sementara bersama Timnas Portugal, CR7 memanen 118 gol dari 196 pertandingan.

Terbaru, Ronaldo dan Messi bisa kembali satu lapangan pada Januari 2023. Jumat kemarin, Cristiano Ronaldo menandatangani kontrak bersama klub Arab Saudi, Al-Nassr, dengan bayaran 400 juta euro selama dua musim.

Baca Juga

Di sisi lain, Lionel Messi dan Paris Saint-Germain (PSG) sedang merencanakan kamp pelatihan singkat di Semenanjung Arab pada pertengahan Januari dan prospek keduanya saling bertemu untuk terakhir kalinya sangat mungkin terjadi.

Melansir laporan dari AS, PSG sudah berencana menggelar training camp (TC) di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, pada Januari 2022 tetapi pandemi COVID-19 memaksa mereka membatalkan tur mereka.

Baca Juga

Saat dunia sudah aman terkendali, PSG dilaporkan siap menjalani tur ke Arab pada tahun 2023. Kemungkinan pertandingan antara Les Parsiens menghadapi tim All-Star yang kemungkinan diperkuat Cristiano Ronaldo bakal dilaksanakan pada 19 Januari mendatang.

Lionel Messi yang dijadwalkan kembali ke PSG, Selasa (03/01/22), menjadi salah satu pemain yang kemungkinan bakal dibawa ke Arab. 

Apalagi, kapten Timnas Argentina itu diprediksi bisa memperkuat Les Parisiens menghadapi Angers pada lanjutan Ligue 1, Kamis (12/01/23).

Meski belum ada pernyataan resmi, ada peluang besar PSG melakoni uji coba di Arab Saudi. Pasalnya, Nasser Al-Khelaïfi selaku Presiden PSG sangat ingin memperluas merek klubnya di Timur Tengah.

Baca Juga

2. Rencana Arab Saudi 'Satukan' Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di 2023

Cristiano Ronaldo (kiri) pemain megabintang Juventus dan Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

Nasser Al-Khelaïfi telah melakukan beberapa perjalanan ke Qatar dalam beberapa tahun terakhir untuk mempromosikan negara tersebut menjelang Piala Dunia 2022, di mana dia telah menerima pendapatan sponsor yang signifikan.

Di sisi lain, Pejabat tinggi federasi sepak bola Arab Saudi sempat berencana memboyong Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pada 2023.

Cristiano Ronaldo sudah lebih dahulu menandatangani kontrak bersama Al-Nassr. Kini Messi dikabarkan juga akan dikejar oleh Arab Saudi untuk meningkatkan kualitas dan pamor liga.

Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, menyiratkan bukan perkara sulit pihaknya mendatangkan bintang 35 tahun itu. 

Apalagi Lionel Messi diangkat menjadi duta besar untuk Dewan Pariwisata Arab Saudi. Peralihan dari Eropa ke negara Teluk bisa jadi adalah proses yang sederhana.

Cristiano RonaldoLionel MessiParis Saint-GermainAl Nassr

Berita Terkini