x

6 Alumni Boca Juniors yang Kini Berkarir di Eropa, Salah Satunya Bintang Juventus

Rabu, 4 Januari 2023 11:42 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Leandro Paredes saat laga Liga Champions antara Juventus vs Benfica

INDOSPORT.COM - Boca Juniors merupakan salah satu klub raksasa asal Argentina. Terbukti, sekarang kita bisa melihat 6 alumni mereka malang melintang di Eropa. Siapa saja mereka?

Klub berjuluk Xeneizes ini memang memiliki sejarah panjang di dunia sepak bola Argentina bahkan Amerika Selatan. 

Baca Juga

Mereka terus membuktikan kapasitas sebagai klub raksasa dengan mendominasi liga domestik. Tercatat, Boca Juniors sejauh ini mengantongi sebanyak 35 trofi Liga Argentina. 

Bahkan di liga kontinental Amerika Selatan, seperti Liga Champions, yang dikenal sebagai Copa Libertadores, Boca mampu menjadi juara sebanyak enam kali. 

Torehan ini tentu tidak lepas dari peran besar akademi Boca Juniors yang hampir setiap tahun menelurkan para pemain berkualitas. 

Baca Juga

Bahkan alumni akademi mereka sekarang malang melintang di Eropa, yang salah satunya membela Juventus. Berikut 6 alumni Boca Juniors yang berkarir di Eropa. 

6. Leonardo Balerdi

Leonardi Balerdi menjadi salah satu bek tengah muda yang menimba ilmu di akademi Boca Junior sejak 2013 silam. 

Dia promosi ke skuat senior pada tahun 2018, yang setahun kemudian, Borussia Dortmund merekrutnya. Sejak musim panas 2021 lalu bersama Olympique Marseille, Balerdi cukup sering bermain di ajang Liga Champions dan Liga Prancis. 

Baca Juga

5. Oscar Trejo

Oscar Trejo pertama kali menembus skuat senior Boca Juniors pada 2005 silam. Namun dia hanya bertahan dua musim sebelum menerima tawaran dari Mallorca.

Sejauh ini, gelandang serang berusia 34 tahun ini sudah membela beberapa klub Liga Spanyol. Sejak 2017 sampai sekarang, dia membela Rayo Vallecano dan pada musim 2022/2023 dipercaya sebagai kapten tim.


1. 4. Willy Caballero

Nahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Willy Caballero adalah kiper veteran yang namanya cukup dikenal seantero Eropa. Kini dia masih bermain bersama Southampton. 

Dia memulai ilmunya dengan mengenyam pendidikan di akademi Boca Juniors dan promosi ke skuat senior pada tahun 2000 silam. 

Baca Juga

Dengan pengalaman membela beberapa klub top Eropa, sayang sekali Caballero belum pernah diberi kepercayaan untuk tampil di Southampton sejauh musim 2022/2023 ini. 

3. Nahuel Molina

Nahuel Molina merupakan bek kanan anyar yang didatangkan Atletico Madrid pada musim panas 2022 kemarin. Ternyata, dia juga merupakan jebolan dari akademi Boca Juniors. 

Sebelum Atletico, dia meniti karirnya di Eropa ketika Udinese merekrutnya pada tahun 2020 lalu. Di klub gurem Liga Italia itu, Molina langsung membuktikan kualitasnya. 

Baca Juga

Kiprah bersama Udinese membuat Atletico Madrid tertarik merekrutnya dan langsung jadi opsi pertama Diego Simeone di sektor bek kanan sejauh musim 2022/2023 ini. 

Terbaru, bek kanan berusia 24 tahun ini juga baru saja sukses mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar. 

2. Rodrigo Bentancur

Selanjutnya ada Rodrigo Bentancur, gelandang tengah Uruguay itu ternyata sempat menimba ilmu di akademi Boca Juniors. Dia promosi ke skuat senior pada 2015 lalu. 

Baca Juga

Namun, Bentancur hanya berseragam Boca selama dua musim karena memulai karirnya di Eropa ketika Juventus merekrutnya di musim panas 2017. 

Karir gemilang bersama Bianconeri membuat Tottenham Hotspur yang diasuh Antonio Conte, merekrutnya di musim dingin 2022. 


2. 1. Leandro Paredes

Leandro Paredes saat laga Liga Champions antara Juventus vs Benfica

Leandro Paredes menjadi salah satu gelandang top dunia yang ternyata juga jebolan akademi Boca Juniors. Dia promosi ke skuat senior pada 2012 silam, namun tidak lama.

Pemain yang lahir di Kota San Justo ini langsung merantau ke Eropa dan klub pertamanya adalah Chievo Verona.

Seusai masa pinjaman di Chievo, AS Roma merekrutnya pada musim panas 2014. Setelah Giallorossi, Paredes membela Paris Saint-Germain dan sejak musim panas 2022 kemarin, dipinjamkan ke Juventus.

Baca Juga

Bersama Bianconeri, Paredes lumayan sering diberikan kesempatan tampil oleh Massimiliano Allegri. 

Terbaru, dia juga dibawa Argentina terbang ke Qatar dan mampu berkontribusi besar atas kesuksesan negaranya menjuarai Piala Dunia 2022.

ArgentinaJuventusWilly CaballeroBola InternasionalLeandro Paredes

Berita Terkini