x

Manchester United Terkuras Dompetnya Jika Ngotot Boyong Wout Weghorst, Ini Penyebabnya

Senin, 9 Januari 2023 20:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Manchester United bersiap-siap terkuras dompetnya jika ngotot ingin memboyong Wout Weghorst dari Burnley setelah Besiktas meminta kompensasi. Foto: Reuters/Craig Brough

INDOSPORT.COM – Manchester United bersiap-siap terkuras dompetnya jika ngotot ingin memboyong Wout Weghorst dari Burnley setelah Besiktas meminta kompensasi untuk kepindahan sang pemain ke Old Trafford.

Manchester United disebut-sebut bakal segera mendatangkan striker mematikan asal Belanda, Wout Weghorst, untuk menggantikan Cristiano Ronaldo pada bursa transfer Januari 2023.

Menurut Foot Mercato, Man United telah mengajukan tawaran merekrut penyerang berusia 30 tahun tersebut dengan status pinjaman hingga akhir musim dengan biaya 10 juta euro atau Rp166,6 miliar.

Raksasa Liga Inggris tersebut  saat ini tengah menunggu keputusan antara Besiktas dan Burnley mengingat Weghorst saat ini tengah mengabdi untuk kedua tim tersebut.

Untuk diketahui, Wout Weghorst merupakan pemain Burnley yang dipinjamkan ke Besiktas selama satu musim 2022-2023 hingga 30 Juni mendatang.

Baca Juga

Melansir dari Sport Metro, Weghorst rupanya sudah memberi tahu Besiktas bahwa dirinya ingin pindah ke Man United pada bursa transfer Januari 2022.

Bahkan, Weghorst sudah memberi tanda perpisahan saat berselebrasi mencetak gol untuk kemenangan Besiktas 2-1 atas Kasimpasa di Liga Super Turki, Sabtu (07/01/23) kemarin.

Baca Juga

Dalam perayaan gol tersebut, Weghorst berlari ke arah suporter Besiktas. Dia melambahkan tangan sebagai tanda perpisahan dan mulitnya menyebut kata “Bye bye.”

Bertolak belakang dengan keinginan Weghorst, Besiktas sejatinya sangat ingin mempertahankan yang bomber  sudah mencetak 9 gol dalam 19 penampilannya sejauh musim ini.

Di sisi lain, Besiktas tidak memiliki kuasa penuh atas masa depan Weghorst. Pasalnya, Man United hanya akan bernegosiasi dengan Burnley dan keputusan akhir ada di tangan Burnley.

Baca Juga

1. Direktur Besiktas Minta Kompensasi untuk Transfer Weghorst

Pemain Burnley, Wout Weghorst. Foto: Reuters/Craig Brough

Hal ini diungkapkan langsung oleh direktur olahraga Besiktas, Ceyhun Kazanci, saat menanggapi rumor bahwa  Weghorst bakal segera gabung jawara Liga Inggris 20 kali tersebut.

“Saya tidak mengerti mengapa Weghorst mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemar, mengapa dia melakukan hal seperti itu. Dia masih pemain kami. Kontrak kami berakhir pada akhir musim,” tutur Kazanci.

“Jika Manchester United atau tim lain menginginkan Weghorst, mereka harus bertemu Burnley lebih dulu. Baru kemudian Burnley menghubungi kami dan membahas persyaratan pemutusan kontrak. Jika kami menerimanya, kontrak akan berakhir,” terang Kazanci.

Namun, Besiktas bisa memanfaatkan situasi ini untuk meningkatkan finansial mereka. Mereka bakal meminta kompensasi jika kontrak pinjaman Weghorst harus berakhir enam bulan lebih awal.

“Jika tidak, (kontrak Weghorst) akan berlanjut hingga akhir musim. Dia tidak bisa pergi begitu saja. Harus ada kompennsasi untuk kami agar menyetujui perpisahan itu,” tandas Kazanci.

Baca Juga

Secara hitung-hitungan, Besiktas mungkin akan mendapatkan setengah dari biaya transfer Wout Weghorst ke Manchester United, atau sekitara 5 juta euro atau lebih.

Kompensasi ini tetap akan memberikan tambahan dana segar untuk Besiktas meskipun lebih kecil nilainya dari saat mereka meminjam Weghorst dengan biaya 14 juta euro musim panas kemarin.

Baca Juga

Kedatangan Wout Weghorst ke Man United sejatinya mampu memberikan tambahan opsi bagi Erik ten Hag untuk lini serangan Manchester United yang saat ini hanya diperkuat Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Wout Weghorst yang memiliki pengalaman main di Liga Inggris diharapkan bisa cocok dengan skema permainan Man United di bawah asuhan Erik ten Hag.

Apalagi Weghors sejatinya memang dianggap predator buas kotak penalti sebelum sempat melempem saat memperkuat Burnley yang hanya membukukan dua gol dari 20 laga.

Tengok saja resume briliannya bersama FC Emmen (66 laga, 21 gol), Heracles Almelo (73 laga, 24 gol), dan juga AZ Alkmaar (86 laga, 45 gol).

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedBesiktasBurnleyBerita TransferBerita Bursa TransferWout Weghorst

Berita Terkini