x

Susul Jawa Timur dan Yogyakara, Bangka Belitung Tiadakan Liga 3 Regional

Rabu, 11 Januari 2023 22:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bangka Belitung resmi tidak melaksanakan kompetisi Liga 3 2023, menyusul Jawa Timur dan Yogyakarta yang lebih dulu mengambil langah serupa.

INDOSPORT.COM – Bangka Belitung resmi tidak melaksanakan kompetisi Liga 3 2023, menyusul Jawa Timur dan Yogyakarta yang lebih dulu mengambil langkah serupa.

Keputusan Bangka Belitung tidak menggelar Liga 3 diketahui melalui hasil Pendaftaran Ulang Kompertisi tahun 2022 pada 30 Desember 2022.

Selain itu, hasil rapat Komite Eksekutif(Exco) PSSI Bangka Belitung yang berlangsung pada 2 Januari 2023 kemarin juga menegaskan tidak adanya kompetisi di zona ini.

“Asprov PSSI Kepulauan Bangka Belitung memutuskan tidak melaksanakan kompetisi tahun 2022,” tulis Info Liga 3.

“Keputusan ini diambil berdasarkan hasil Pendaftaran Ulang Kompetisi tahun 2022 tanggal 30 Desember 2022, dan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI Kepulauan Bangka Belitung tanggal 02 Januari 2023.

Baca Juga

Melalui surat resminya Asprov PSSI Bangka Belitung nomor 001/PK-PSSI/BABEL/I/2023 perihal Pemberitahuan Kompetisi, Asprov PSSI Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan Kuota Peserta tidak memenuhi batas minimum untuk diselenggarakannya kompetisi.

Asprov PSSI Bangka Belitung juga menjabarkan sejauh ini hanya ada tiga klub yang memungkinkan bersaing di kompetisi Liga 3.

Baca Juga

Ketiga klub tersebut di antaranya Belitong FC (Kabupaten Belitung), PS Bangka Setara (Kabupaten Bangka), dan Persipas (Kota Pangkal Pinang).

Dengan hanya memiliki tiga peserta, maka Liga 3 Bangka Belitung pun jelas tidak mungkin dilangsungkan karena akan mengurangi nilai kompetisi ini sendiri.

Langkah yang diambil Bangka Belitung ini sebelumnya juga dilakukan oleh empat provinsi lainnya, yakni Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Sumatera Utara, dan Bengkulu.

Baca Juga

1. Liga 3 Jatim dan Yogyakarta Juga Batal

Logo Liga 3.

Sebulan sebelumnya, Asprov PSSI Jawa Timur memutuskan tidak jadi menggelar kompetisi Liga 3 2022-2023.

Alasan tidak digelarnya kompetisi amatir tingkat regional Jatim ini karena penyesuaian peraturan polisi (perpol), di mana dalam segi infrastruktur banyak stadion klub Liga 3 tidak memenuhi standar.

Selain itu, waktu yang terlalu mepet dengan timleline Liga 3 putaran nasional membuat kompetisi regional ini mustahil diselenggarakan.

D.I. Yogyakarta juga resmi membatalkan komperisi Liga 3 DIY 2022-2023 yang sedianya digelar pada Oktober 2022 lalu, imbas dari Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Ada tiga alasan terkait pembatalan Liga 3 DIY, yakni jadwal kompetisi tahun 2022 di tingkat Provinsi, tingkat Nasional dan jadwal Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI 2023 yang tidak selaras.

Baca Juga

Selain itu, batalnya Liga 3 DIY 2022 karena ketidakjelasan urusan perizinan kegiatan, yang mana hal ini mengacu belum turunnya izin dari pihak terkait

Terakhir dari hasil pertemuan antara Asprov PSSI DIY dengan klub anggota peserta kompetisi Liga 3 DIY 2022, pada hari Senin tanggal 26 Desember 2022.

Baca Juga

Liga 3 2022-2023 merupakan edisi kelima kompetisi kasta ketiga Liga Indonesia. Ajang ini diselenggarakan Asprov PSSI untuk putaran provinsi dan PSSI pusat untuk putaran nasional.

Tim yang lolos babak 8 besar Liga 3 berhak promosi ke Liga 2 2023. Karo United FC merupakan juara di musim sebelumnya.

Ada pun beberapa provinsi sudah menggelar kompetisi Liga 1 dan telah melahirkan juara. Terbaru Persip Pekalongan menjadi juara Liga 3 Jareng 2022.

Sebelumnya, Liga 3 Bali dan Nusa Tenggara Timur juga sudah memiliki juara. Liga 3 Bali dijuarai oleh Perseden Denpasar, sedangkan Liga 3 NTT dimenangi Perse Ende.

Baca Juga
Asprov PSSI Jawa TimurLiga IndonesiaBangka BelitungLiga 3Asprov PSSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Berita Terkini