x

Profil Al Hilal, Rival Klub Baru Cristiano Ronaldo yang Segera Gaet Lionel Messi

Jumat, 13 Januari 2023 13:49 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Aksi Lionel Messi di laga Liga Prancis antara PSG vs Angers (12/01/23). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Al Nassr mendaratkan Cristiano Ronaldo, sepertinya memicu klub raksasa Arab Saudi lainnya yakni Al Hilal untuk merekrut Lionel Messi.

Sebagaimana diketahui, Cristiano Ronaldo telah resmi berseragam Al Nassr pada awal Januari 2023 lalu. Ia dikontrak selama 4,5 tahun dengan rincian 2,5 bermain untuk klub, sisanya menjadi duta.

Gaji Cristiano Ronaldo di Al Nassr terbilang sangat fantastis. Megabintang Portugal itu dibayar hingga 200 poundsterling atau sekitar Rp3,3 triliun per tahun.

Kedatangan eks bintang Real Madrid dan Manchester United itu diharapkan mampu mempromosikan Arab ke mata dunia.

Sebab, Arab Saudi dilaporkan ingin bekerjasama dengan Mesir dan Yunani untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 mendatang.

Baca Juga

Sementara itu, kehadiran Cristiano Ronaldo ke Al Nassr rupanya membuat klub rival bernama Al Hilal kepanasan. Mereka baru saja dilaporkan ingin mendatangkan Lionel Messi ke Liga Arab Saudi.

Dilansir dari Mundo Deportivo, Al Hilal kabarnya siap membayar mahal pemain yang baru saja mengantarkan Timnas Argentina meraih juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Bahkan Al Hilal bakal membayar Lionel Messi sebesar 277 juta Euro per tahun. Sebagai perbandingan, Ronaldo hanya dibayar 196 juta Euro per tahun oleh Al Nassr.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai klub Al Hilal yang siap mendaratkan Lionel Messi, berikut INDOSPORT telah merangkumnya:

Baca Juga

1. Profil Al Hilal

Aksi selebrasi pemain Al Hilal saat melawan Al Jazira di Mohammed Bin Zayed Stadium, Abu Dhabi, United Arab Emirates. FOTO: REUTERS/Matthew Childs

Al Hilal merupakan salah satu klub raksasa Arab Saudi yang berbasis di Kota Riyadh. Riyadh sendiri merupakan Ibu Kota negara Arab Saudi.

Hal tersebut sudah membuktikan bahwa Al Hilal merupakan klub kaya raya di Arab Saudi. Al Hilal juga menjadi salah satu klub tertua karena sudah berdiri sejak 1957 silam.

Klub tersebut memiliki rival abadi bernama Al Nassr. Bila Al Hilal dan Al Nassr bersua di pertandingan resmi, penduduk setempat sering memberikan istilah duel El Clasico.

Sejauh ini, kedua tim sudah berjumpa sebanyak 148 kali. Al Hilal sukses memperoleh kemenangan 59 kali, sedangkan Al Nassr 48 kali. Adapun 41 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Klub yang berencana merekrut Lionel Messi ini tercatat sudah empat kali meraih juara Liga Champions Asia. Mereka sukses mengungguli Pohang Steelers yang sebelumnya meraih juara Liga Champions terbanyak.

Baca Juga

Pada kompetisi Liga Arab Saudi, Al Hilal merupakan jawara musim 2021-2022 lalu. Mereka juara setelah finis di posisi pertama dengan koleksi 67 poin dari 30 laga.

Pada kompetisi musim 2022-2023 ini, mereka masih terjebak di posisi ketiga klasemen. Posisi pertama sendiri ditempati oleh sang rival yakni Al Nassr.

Baca Juga

Dengan resminya Cristiano Ronaldo ke Al Nassr, tentu membuat Al Hilal terancam dalam mempertahankan gelar juara Liga Arab Saudi.

Oleh sebab itu, Al Hilal berencana untuk mendaratkan Lionel Messi. Namun mereka baru bisa merekrut Messi setelah kontraknya di PSG habis pada bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

2. Prestasi Al Hilal

Hakim Ziyech melepaskan tembakan di laga Al Hilal vs Chelsea (09/02/22). (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

Klub ini dibentuk pertama kali pada 16 Oktober 1957 silam ini menjadi salah satu klub paling banyak meraih prestasi di Arab Saudi dan Asia.

Al Hilal tercatat mampu meraih 18 kali gelar juara Saudi Professional League. Sejauh ini, Al Hilal sudah 65 kali meraih gelar resmi, lalu ada 100 gelar tidak resmi yang juga diraih.

Selain 18 gelar juara liga domestik, mereka sukses memenangkan 13 Piala Mahkota Raja, tujuh gelar Piala Federasi Arab Saudi, sembilan gelar Piala Raja hingga tiga gelar Super Cup.

Di level internasional, Al Hilal hingga kini sudah mencatatkan delapan gelar juara di konfederasi Asia. Empat di antaranya ialah Liga Champions Asia pada 1991, 2000, 2019, dan 2021. Lalu ada dua gelar Asian Cup Winners Cup pada 1997 dan 2002.

Bursa TransferCristiano RonaldoArgentinaLionel MessiPSGAl NassrAl-Hilal

Berita Terkini