x

Prediksi Liga 1: Persis Solo vs Persija Jakarta, Konsentrasi Jadi Kunci!

Rabu, 18 Januari 2023 15:59 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Prediksi pertandingan antara Persis Solo vs Persija Jakarta (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Persis Solo dalam percaya diri tinggi untuk menghentikan laju Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023. Namun, hasil akhir di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/01/23) malam, tetap bergantung pada konsentrasi hingga peluit akhir laga.

Tak ada yang meragukan betapa hebat progres Persis Solo setelah kehadiran pelatih Leonardo Medina Arellano. Pelatih asal Meksiko ini membuat Persis Solo tampil lebih menarik dengan umpan-umpan pendek.

Namun, konsentrasi menjadi musuh utama dari Laskar Sambernyawa. Kekalahan atas Persib Bandung dan Arema FC pada sistem bubble Liga 1 menjadi contohnya.

Baca Juga

Dalam dua laga itu, Persis Solo dominan dalam peluang dan penguasaan bola. Sepersekian detik lepas konsentrasi, Arema dan Persib yang punya kualitas bisa memanfaatkannya.

Situasi ini terulang lagi saat Persis Solo berbagi angka 1-1 dengan Dewa United di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (14/01/23). Sekali momen Natanael Siringoringo diberi ruang, gol pada menit ke-83 membuat kemenangan lenyap.

Baca Juga

Hanya satu hal ini saja yang menjadi masalah menuju laga melawan Persija. Sementara jika berbicara materi pemain, Persis Solo sejatinya tak kalah dari Persija.

Persis Solo kemungkinan akan mengembalikan Alexis Messidoro dan Fernando Rodriguez dari menit pertama. Keduanya sudah digembleng latihan fisik, termasuk latih tanding dengan Persis Youth.

Baca Juga

1. Semangat Comeback

Gelandang Persija Jakarta, Hanno Behrens gagal melewati penjagaan pemain Persis Solo, Taufik Febriyanto pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

Berbeda dengan Persis Solo, Persija justru baru saja sukses memanfaatkan momen hilang konsentrasi para pilar Bali United. Situasi itu dimanfaatkan untuk comeback lewat dua gol pada menit akhir.

Semangat comeback ini jadi momentum Persija untuk mendekati PSM Makassar sebagai pemuncak klasemen sementara Liga 1.

Jika mereka bisa fokus, sekaligus memanfaatkan kelengahan sepersekian detik Persis Solo, maka tiga poin partai tandang bisa mereka dapatkan dalam laga tanpa penonton ini.

Baca Juga

Ada kemungkinan Hanno Behrens yang absen melawan Bali United akan dipasang lagi. Hanno saat itu absen karena masalah pada perutnya jelang pertandingan.

Perkiraan susunan pemain Persis Solo vs Persija Jakarta:

Persis Solo (4-2-3-1)

Baca Juga

Kiper: Muhammad Riyandi
Bek: Gavin Kwan Adsit, Fabiano Beltrame, Jaimerson Xavier, Abduh Lestaluhu
Tengah Belakang: Shulton Fajar, Alexis Messidoro
Tengah Depan: Alfath Fathier, Ryo Matsumura, Samsul Arif
Depan: Fernando Rodriguez

Pelatih: Leonardo Medina Arellano

Persija Jakarta (3-4-3)

Kiper: Andritany Ardhiyasa
Bek: Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Maman Abdurrahman
Tengah: Ilham Rio Fahmi, Syahrian Abimanyu, Resky Fandi, Firza Andika
Depan: Riko Simanjuntak, Michael Krmencik, Hanno Behrens

Pelatih: Thomas Doll

Player to Watch:

Muhammad Riyandi (Persis Solo)

Riyandi merupakan monster di bawah mistar gawang Persis Solo. Dia menjadi salah satu penjaga gawang dengan rataan penyelamatan tertinggi dalam setiap pertandingan.

Momen kembali dari Timnas Indonesia menjadi semangat bagi Riyandi. Ada harapan besar dari suporter Persis Solo ketika gawang kembali jadi milik eks Barito Putera ini.
Namun, Riyandi harus waspada. Kebobolan lewat tendangan jarak jauh Natanael Siringoringo harus jadi pembelajaran. Persija juga punya deretan pemain dengan eksekusi tendangan jarak jauh.

Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta)

Abimanyu belum pasti bisa diturunkan dalam laga melawan Persis Solo. Namun, andai kembali bugar, laga ini jadi partai emosional bagi pemuda Banjarnegara ini.

Abimanyu merupakan putra dari asisten pelatih Persis Solo, Rasiman. Jelas menjadi hal menarik ketika Abimanyu bisa mengalahkan tim yang dilatih ayahnya sendiri.

Baca Juga

Dengan kebersamaan sebagai keluarga pesepakbola, Abimanyu tentu tahu kelebihan dan kekurangan strategi sang ayah. Abimanyu juga memiliki tembakan jarak jauh untuk menaklukkan Riyandi.

5 partai terakhir Persis Solo di Liga 1

Dewa United 1-1 Persis Solo
Persis Solo 3-1 Persik Kediri
Persebaya Surabaya 0-0 Persis Solo
Persis Solo 1-2 Persib Bandung
Barito Putera 0-0 Persis Solo

5 partai terakhir Persija Jakarta di Liga 1

Persija Jakarta 3-2 Bali United
Persib Bandung 1-0 Persija Jakarta
PSS Sleman 0-2 Persija Jakarta
Persija Jakarta 3-2 Dewa United
Persija Jakarta 1-1 Persebaya Surabaya.

Baca Juga


Pertemuan terakhir Persis Solo vs Persija Jakarta di Liga 1

Persija Jakarta 2-1 Persis Solo (Liga 1 2022/2023)

Prediksi INDOSPORT: Persis Solo (30%), Seri (35%), Persija Jakarta (35%).

Baca Juga
Persija JakartaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini