x

Sutanto Tan Bicara Kemenangan Dramatis Persis Solo di Kandang Madura United

Selasa, 7 Februari 2023 13:36 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi para pemain Persis Solo usai menceta gol ke gawang Madura United di laga BRI Liga 1. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Gelandang Persis Solo, Sutanto Tan, bangga dengan perjuangan tim dalam memenangkan laga di kandang Madura United, Senin (06/02/23). Laskar Sambernyawa secara dramatis menang 3-2 pada lanjutan Liga 1 2022/2023.

Persis Solo tampil kurang menjanjikan pada awal permainan di Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan. Situasi bertambah sulit ketika Madura United sudah unggul menit ke tujuh lewat sontekan Beto Goncalves.

Beruntung, gelombang serangan yang dilakukan Persis Solo berbuah hasil pada akhir babak pertama. Novan Setyo salah mengantisipasi umpan silang pemain Persis Solo hingga bola menjebol gawangnya sendiri.

Gol itu membuat semangat Persis Solo jadi berlipat ketika memulai babak kedua. Laga baru berjalan beberapa detik, Persis Solo berbalik unggul lewat mantan bintang Madura United, Alfath Fathier.

Namun, kesalahan fatal dilakukan lini belakang Persis Solo dalam mengantisipasi serangan Madura United. Novan Setyo dibiarkan memberi umpan cantik dari sektor kanan dan Beto bisa berdiri bebas menyundul bola.

Baca Juga

Untung saja, kesalahan juga dibuat kiper Madura United, Miswar Saputra, dalam mengantisipasi tendangan bebas Alexis Messidoro. Persis Solo mencetak gol menit ke-90+7 untuk memastikan tiga poin.

Kerja keras tak kenal lelah skuat Laskar Sambernyawa membuat Sutanto Tan bangga. Mantan pilar PSM Makassar ini menilai para pemain menunjukkan motivasi besar memenuhi target tiga poin di Madura.

Baca Juga

"Pertandingan ini sangat ketat. Kita tahu pada babak pertama, babak kedua, apalagi ketika kita saling masukin gol, tapi saya bangga dengan teman-teman saya. Mereka berikan 200 persen," kata Sutanto Tan usai pertandingan.

Kemenangan ini menjadi penebus kegagalan ketika kalah dari Bhayangkara FC 1-3 di Sleman pada pekan ke-22 Liga 1 2022/2023.

Kini, dengan kehadiran ratusan suporter ke Madura, skuat Laskar Sambernyawa coba mencari poin pengganti dan ternyata berbuah hasil positif.'

Baca Juga

1. Tantangan Cuaca Panas

Selebrasi para pemain Persis Solo usai menceta gol ke gawang Madura United di laga BRI Liga 1. (Foto: Persis Solo)

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pendukung Persis Solo. Selamat juga buat staf pelatih dan teman-teman pemain. Semoga kedepan tim bisa lebih baik lagi," tutur Sutanto Tan.

Menurut pemain asal Batam ini, ada tantangan tersendiri ketika memulai laga pukul 15.00 WIB. Dengan cuaca panas di Madura, kedua tim berupaya menaklukkan rasa panas ini.

"Teman-teman di dalam lapangan merasakan, semua sama (kepanasan). Cuma ya tidak ada yang menyerah sepanjang babak pertama dan babak kedua," papar Sutanto Tan.

Terkait kemenangan yang ditentukan lewat tendangan bebas Alexis Messidoro menit ke-90+7, Sutanto Tan memberikan jawaban.

Ia tak berbicara apakah para pemain Persis Solo terkejut bahwa tendangan mendatar Messidoro bisa menjebol gawang Madura United. Sutanto Tan hanya menegaskan tim sangat berambisi meraih kemenangan di Madura.

Baca Juga

"Sudah dijelaskan oleh pelatih bahwa kita datang ke Madura untuk menang. Di setiap pertandingan diinstruksikan harus menang. Semua pemain di lapangan harus siap mengikuti instruksi pelatih," tegas Sutanto Tan.

Berkat kemenangan ini, Persis Solo untuk kali pertama bisa masuk sepuluh besar dalam klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Persis Solo nangkring di peringkat sembilan dengan mengoleksi 28 poin dari 23 pertandingan.

Namun, posisinya sangat rentan digeser klub-klub lain, seperti Persita Tangerang, Persikabo 1973 hingga Arema FC yang baru bermain 20 hingga 21 pertandingan.

Setelah ini, Persis Solo akan menghadapi laga berat melawan Borneo FC pada laga pekan ke-24 Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada 12 Februari 2023.

Baca Juga
Persis SoloSutanto TanMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini