x

Bek Persija Barnabas Sobor Gabung Agensi Asal Rusia, Susul Marselino Ferdinan ke Eropa?

Jumat, 10 Februari 2023 16:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pemain anyar Persija Jakarta, Barnabas Sobor, saat melakoni pertandingan di Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Pemain muda Persija Jakarta, Barnabas Sobor resmi mengikat kontrak kerja sama dengan agensi asal Rusia, Young Football Talents (YFT).

Dengan kerja sama tersebut, Barnabas Sobor yang baru berusia 19 tahun, bisa saja menyusul Marselino Ferdinan untuk bermain di kancah Eropa.

Saat ini Barnabas Sobor tengah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Jakarta.

Talenta asal Papua itu masuk dalam radar Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas U-20, jelang Piala Asia U-20 di Uzbekistan, hingga Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Namun, lonjakan karir Barnabas Sobor tidak hanya sebatas bermain di Timnas. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu juga dikontrak oleh agensi besar asal Rusia.

Baca Juga

Hal itu diumumkan oleh owner Young Football Talents (YFT), Andrey Grushin melalui Instagramnya, awal Februari lalu.

Baca Juga

"Saya senang bekerja sama dengan pemain muda yang penuh talenta, Barnabas Sobor," ungkap Andrey Grushin via Instagram.

"Pemain Timnas Indonesia ini menjadi pemain berikutnya yang bergabung ke keluarga YFT. Talenta Papua memang selalu memiliki bakat yang luar biasa," lanjutnya.

"Saya akan membantunya sekuat tenaga untuk meraih semua mimpinya, di samping dia juga harus bekerja keras menggapai mimpinya," kata Andrey Grushin lagi.

Baca Juga

1. Selangkah Lagi Susul Marselino ke Eropa

Marselino Ferdinan gabung klub Belgia, KMSK Deinze.

Owner Young Football Talents, Andrey Grushin mengaku sudah punya banyak rencana untuk karier Barnabas Sobor, termasuk peluang main di luar negeri.

Mengingat basis agensi ini berada di Eropa dan Rusia, ada kemungkinan jika Barnabas Sobor akan menyusul Marselino Ferdinan bermain di Eropa.

"Sudah ada banyak rencana yang luar biasa dalam pikiran saya untuk dia. Selamat datang Barnabas di keluarga YFT."

Diketahui, YFT adalah agensi yang juga menaungi kiper senior Timnas Vietnam, Dang Van Lam. Sang kiper bahkan sudah malang melintang di berbagai klub Rusia.

Dang Van Lam sendiri beberapa tahun terakhir tidak hanya bermain di Vietnam, tetapi juga merambah ke Thailand hingga Jepang.

Baca Juga

Hal itu membuat Barnabas Sobor juga memiliki kans untuk mengikuti jejak karier Yanto Basna di Liga Thailand, atau Pratama Arhan yang kini betah di klub Tokyo Verdy.

Sementara Marselino Ferdinan baru-baru ini menandatangani kontrak di klub Liga Belgia, KMSK Deinze. Ia resmi mendapat kontrak berdurasi 1,5 tahun sampai musim panas 2024.

Baca Juga

Meski masih menikmati euforia bergabung di skuat KMSK Deinze, klub kasta kedua liga Belgia, namun kini Marselino Ferdinan telah mendapatkan panggilan untuk pulang.

Pasalnya, pemain kelahiran tahun 2004 itu masuk rencana Shin Tae-yong untuk tampil membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan, Maret nanti.

Marselino Ferdinan dan Barnabas Sobor menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong, dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023, bulan Mei mendatang.

Baca Juga
Persija JakartaPapuaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaMarselino FerdinanPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini