x

4 Rekor Fantastis Tuan Rumah di Pertandingan Liga Inggris Liverpool vs Everton

Selasa, 14 Februari 2023 10:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Laga Derbi Merseyside Liga Inggris antara Liverpool vs Everton di Anfield, Selasa (14/02/23) dini hari WIB, berakhir dengan skor 2-0. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Laga Derbi Merseyside Liga Inggris antara Liverpool vs Everton di Anfield, Selasa (14/02/23) dini hari WIB, berakhir dengan skor 2-0.

Hasil ini pun menjadi angin segar bagi Jurgen Klopp yang pada akhirnya membawa The Reds menang untuk pertama kalinya pada tahun 2023.

Ya, Mohamed Salah dkk memang sudah cukup lama tidak mencicipi kemenangan di liga. Terakhir kali, mereka menekuk Leicester City 3-1 sebelum pergantian tahun 2022.

Setelah itu, The Reds tampil melempem karena dikalahkan Brentford, Brighton, dan hanya bermain imbang kontra Chelsea sepanjang bulan Januari 2023.

Kemudian pada awal Februari lalu, mereka juga dikalahkan Wolverhampton Wanderers alias Wolves setelah tersingkir dari perburuan gelar Piala FA.

Baca Juga

Di tengah situasi tim yang sedang amburadul ini, kemenangan melawan rival satu kota tentu sebuah booster yang luar biasa bagi pasukan The Reds.

Mohamed Salah dan Cody Gakpo adalah pemain yang mencatatkan namanya di papan skor Liverpool vs Everton semalam lewat dua gol krusialnya.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Liverpool untuk sekarang bertengger di peringkat 9 klasemen Liga Inggris dengan 32 poin, berselisih satu angka saja dari Chelsea di peringkat 10.

Meski jalan untuk merangkak naik ke zona Eropa masih panjang, kemenangan di Derbi Merseyside telah menjadi catatan tersendiri bagi skuad The Reds.

Selain meraih tiga poin penuh yang berharga, sejumlah rekor fantastis nan menarik pun tercipta di laga Liverpool vs Everton ini. Apa saja? 

Baca Juga

1. Jurgen Klopp dan Alisson Becker

Jurgen Klopp mencatatkan rekor di laga Liverpool vs Everton, Selasa (14/02/23) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Lee Smith.

Jurgen Klopp

Sebagai salah satu manajer yang mengabdi cukup lama di Liverpool, Jurgen Klopp sudah mencatatkan banyak prestasi bersama skuad The Reds.

Di partai Liverpool vs Everton semalam, Jurgen Klopp memastikan kemenangan ke-250 di Liverpool dari total 414 laga yang sudah ia besut.

Bahkan, pencapaian pelatih asal Jerman tersebut ternyata lebih cepat dari para mantan juru taktik The Reds yang legendaris termasuk Bill Shankly.

Berdasarkan informasi yang dimuat di laman resmi Liverpool, Bill Shankly butuh 472 pertandingan untuk mencapai jumlah kemenangan tersebut.

Sementara itu, manajer legendaris lainnya yakni Bob Paisley butuh 448 pertandingan, sedangkan Tom Watson butuh 539 pertandingan.

Baca Juga

Sebagai informasi, 250 kemenangan milik Jurgen Klopp di Liverpool ini dicatatkan di semua kompetisi, tidak hanya sebatas di Liga Inggris.

Saat ini, Jurgen Klopp tentu berharap, catatan kemenangannya bakal bertambah lebih cepat dengan memenangkan laga-laga Liverpool di sisa musim 2022-2023 ini.

Baca Juga

Apalagi, mereka masih harus berjuang untuk bermain di kompetisi Eropa musim depan. Kemenangan di pertandingan-pertandingan Liga Inggris pun menjadi krusial ke depannya.

Alisson Becker

Selain Jurgen Klopp, Alisson sebagai penjaga gawang juga mencetak rekor menarik yakni menambah catatan clean sheet di laga derbi.

Skor 2-0 di pertandingan Liverpool vs Everton tadi memperpanjang raihannya menjadi enam kali clean sheet dari delapan laga Derbi Merseyside.

Baca Juga
 

2. Mohamed Salah dan Cody Gakpo

Mohamed Salah akhirnya cetak gol lagi untuk Liverpool. Foto: Reuters/Lee Smith.

Mohamed Salah

Pemain yang satu ini jadi mesin gol Liverpool yang tidak pernah kehabisan bensin setiap musimnya. Ia bukan nama asing di daftar top skor langganan Liga Inggris.

Akan tetapi, musim ini langkahnya nampak terseok-seok, bahkan hanya untuk sekadar menciptakan peluang untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Setelah buntu cukup lama, Mohamed Salah akhirnya pecah telur lagi di pertandingan Derbi Merseyside Liverpool vs Everton pekan ini. Magisnya sudah kembali.

Di pertandingan semalam, ia menjadi salah satu pemain Liverpool yang sudah berkontribusi di 100 gol The Reds sepanjang masa di Anfield.

Sementara itu, para pemain lain yang juga memiliki rekor tersebut adalah Steven Gerrard dan Robbie Fowler.

Dengan menjebol gawang Everton tadi, Mohamed Salah kini sudah mencatatkan 18 gol untuk The Reds di semua kompetisi dan delapan di Liga Inggris.

Kini Mohamed Salah pun menjelma sebagai top skor Liverpool di liga menyalip Roberto Firmino yang sampai saat ini masih stuck di raihan tujuh gol.

Cody Gakpo

Beralih ke pencetak gol lain di laga Liverpool vs Everton, Cody Gakpo. Pemain muda yang baru datang dari PSV Eindhoven ini juga punya rekor fantastis hari ini.

Ia menjadi pemain pertama setelah Raul Meireles (Januari 2011) yang mencetak gol perdana untuk Liverpool di ajang Derbi Merseyside.

Tidak banyak pemain di daftar ini, karena Cody Gakpo dan Raul Meireles hanya dua dari enam sosok yang mencatatkan namanya untuk rekor unik tersebut sepanjang masa.

Sumber: liverpoolfc.com, premierleague.com

LiverpoolEvertonLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini