x

Jadi Ketum Baru PSSI, Erick Thohir Segera Bertemu Shin Tae-yong Bahas Hal Ini

Kamis, 16 Februari 2023 17:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di hotel Shangri-La, Kamis (16/02/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI terpilih, Erick Thohir mengaku sudah dihadapkan dengan tugas berat, usai menang dalam pemilihan kepengurusan baru PSSI 2023-2027. Dia harus memimpin federasi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjamu 23 negara lain pada Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei - 11 Juni mendatang. Tersisa 94 hari bagi Erick Thohir untuk membawa PSSI sukses menyelenggarakan kejuaraan dua tahunan tersebut. 

Menteri BUMN itu menegaskan, Piala Dunia U-20 2023 mencerminkan jadi diri bangsa. Karenanya, tidak hanya penyelenggaran yang sukses tapi juga wajib sukses prestasi. 

Baca Juga

"Tentu tugas terberat ini 94 hari lagi, kita menghadapi Kejuaraan Dunia U-20. Ini angka dan hari yang benar-benar luar biasa, ini event terbesar kedua dari FIFA dan tidak mungkin Indonesia 10 tahun sekali dapat Kejuaraan Dunia U-20. Tidak mungkin," kata Erick Thohir. 

"Artinya apa, martabat bangsa kita ini tidak hanya di penyelenggaraan yang utama, ini kita pertaruhkan, 94 hari lagi," imbuhnya.

Baca Juga

Oleh sebab itu, Erick Thohir mengatakan akan bertemu pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong. Eks Presiden Inter Milan itu ingin mengetahui secara detail apa kebutuhan skuad Garuda Nusantara, supaya dapat jalani persiapan dengan baik. 

Baca Juga

1. Tatap Piala Asia U-20

Perpisahan Mochamad Iriawan sebagai Ketum PSSI di depan pelatih Shin Tae-yong dan skuad Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (15/02/23). per

"Tentu untuk tim nasional, saya akan segera bicara dengan para pelatih, pemain, apa yang kita bisa support untuk mereka karena mereka harus berikan yang terbaik. Tidak mudah, tapi kita coba yang terbaik," ujarnya.

Erick Thohir terpilih sebagai Ketum baru PSSI dengan raihan 64 suara. Dia mengalahkan LaNyalla yang jadi pesaing terdekat dengan 22 poin. 

Nantinya, pria 53 tahun itu mulai bekerja esok hari, menggantikan Ketum PSSI sebelumnya, Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 memang sedang lakukan pemusatan latihan untuk persiapan menuju Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung 1-18 Maret nanti di Uzbekistan. Kejuaraan ini juga jadi tolak ukur tim pelatih untuk menyiapkan tim menuju Piala Dunia U-20. 

Baca Juga

Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Tapi banyak yang terlambat bergabung dan itu membuat pusing tim pelatih karena kesulitan jalankan program yang telah dirancang.

Adapun pemain yang belum datang ke TC Timnas Indonesia U-20 adalah Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari dan Ronaldo Kwateh. Ketiganya belum mendapat izin dari klubnya masing-masing.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini