x

Daftar Pemain Naturalisasi Liga 1 2022-2023, Persib dan Madura United Ketar-ketir dengan Aturan Baru

Senin, 6 Maret 2023 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Diego Assis, Beto Goncalves dan Aleksandar Rakic melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Persib Bandung di pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2019, Sabtu (05/10/19) malam WIB

INDOSPORT.COM – Kompetisi Liga 1 2022-2023 dihuni oleh banyak pemain naturalisasi, yang kini membuat klubnya ketar-ketir karena adanya regulasi baru terkait pemain naturalisasi.

Regulasi baru terkait pemain naturalisasi ini hadir seiring tuntasnya acara sarasehan sepak bola yang digelar oleh kepengurusan baru PSSI.

PSSI melalui Ketua Umum barunya, Erick Thohir, menggelar acara ini di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu dan Minggu (4-5 Maret 2023).

Dalam acara dengan agenda diskusi yang digelar PSSI tersebut, ada perwakilan dari klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 yang hadir.

Dalam diskusi tersebut, lahirlah beberapa keputusan maupun regulasi yang menentukan arah sepak bola Indonesia secara keseluruhan.

Baca Juga

Keputusan pertama adalah soal perubahan format kompetisi Liga 1 untuk musim depan. Dalam acara itu, disepakati bahwa format baru akan diterapkan untuk kompetisi teratas Indonesia itu.

Perubahan tersebut yakni kompetisi akan berjalan secara penuh dengan sistem Round Robin seperti biasanya. Bedanya, di akhir musim aka nada Final Series yang mempertemukan empat tim teratas.

Baca Juga

Selain adanya perubahan kompetisi, ada pula regulasi baru terkait pembatasan pemain naturalisasi, di mana setiap klub Liga 1 nantinya diperbolehkan maksimal memiliki dua pemain naturalisasi saja.

Hal ini pun menjadi alarm bagi 18 klub peserta Liga 1 saat ini, terutama bagi tim-tim yang memiliki pemain naturalisasi lebih dari dua pemain.

Melihat adanya aturan ini, siapa saja tim Liga 1 musim ini yang bakal terdampak dengan adanya pembatasan pemain naturalisasi?

Baca Juga

1. Polemik Pemain Naturalisasi di Liga 1

Marc Klok (kanan), kembali berlatih bersama tim Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (27/06/22), setelah memperkuat Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sebagai permulaan, program naturalisasi telah dilakukan oleh klub-klub Liga 1 sejak lama. Bahkan program ini disebut-sebut hanya menguntungkan pihak klub saja.

Sebab, para pemain yang dinaturalisasi itu sebagian besar tak memiliki darah Indonesia, dan hanya bermodalkan aturan menetap di Tanah Air selama lima tahun.

Karenanya, banyak anggapan pihak klub melakukan akselerasi dengan menaturalisasi pemain asing agar bisa menambah kekuatannya di setiap tanpa mengurangi kuota pemain asing.

Atas dasar itu pula, PSSI melalui pengurus barunya untuk periode 2023-2027 memutuskan melakukan pembatasan terhadap jumlah pemain naturalisasi di Liga 1 musim depan.

Maksimal, setiap klub peserta Liga 1 diperbolehkan memiliki dua pemain naturalisasi dalam 35 pemain yang didaftarkan pada musim depan.

Baca Juga

Hingga memasuki putaran kedua Liga 1 2022-2023 ini, tercatat ada 13 pemain naturalisasi yang berkeliaran di kompetisi teratas sepak bola Indonesia tersebut.

Rata-rata, pemain naturalisasi ini merupakan pemain naturalisasi yang telah lama berkiprah di Tanah Air dan tak memiliki darah keturunan Indonesia.

Baca Juga

Dari 13 pemain naturalisasi itu, tujuh atau separuh di antaranya berada di dua klub saja, yakni Persib Bandung dan Madura United.

Alhasil dengan regulasi baru ini, Persib dan Madura United harus membuang pemain naturalisasinya agar taat kepada regulasi baru tersebut.

Berikut INDOSPORT lampirkan daftar pemain naturalisasi dan klub yang dibelanya di Liga 1 musim 2022-2023 ini.

Baca Juga

2. Daftar Klub Liga 1 2022-2023 dengan Pemain Naturalisasi

Gelandang Madura United, Lee Yu-jun, berduel di lini tengah.

1. Madura United: 4 Pemain (Beto Goncalves, Lee Yu-jun, Otavio Dutra, Esteban Vizcarra)
2. Persib Bandung: 3 Pemain (Ezra Walian, Victor Igbonefo, Marc Klok)
3. Borneo FC: 2 Pemain (Stefano Lilipaly dan Diego Michiels)
4. PSS Sleman: 1 Pemain (Kim Kurniawan)
5. Persis Solo: 1 Pemain (Fabiano Beltrame)
6. RANS Nusantara FC: 1 Pemain (OK John)
7. Bali United: 1 Pemain (Ilija Spasojevic)

Persib BandungPSSIErick ThohirNaturalisasiMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini