x

PSSI Bantah FIFA Tawarkan Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040

Rabu, 15 Maret 2023 14:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
PSSI menggelar debat untuk calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 pada Kamis, 31 Oktober 2019.

INDOSPORT.COM - Jagat media sosial sedang digemparkan mengenai kabar bahwa FIFA meminta Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040 mendatang. Kabar ini pun langsung dibantah tegas oleh PSSI.

Kabar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040 bermulau beredar di akun media sosial Instagram bernama @tribungaruda.

Dalam unggahannya dikatakan bahwa FIFA meminta kepada Indonesia untuk bersiap diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040 mendang.

Namun ternyata kabar ini tidak benar adanya. Bahkan PSSI melalui Anggota Komite Eksekutif (Exco), Arya Sinulingga memberikan tanggapan.

Baginya sampai saat ini tidak ada pembicaraan apapun dengan FIFA perihal tuan rumah Piala Dunia 2040 mendatang.

Baca Juga

Jadi sampai hari ini belum ada keputusan apapun dari FIFA mengenai penyelenggara Piala Dunia 2040," kata Arya dalam keterangan kepada awak media.

Arya menegaskan bahwa informasi yang beredar mengenai hal tersebut tidak benar adanya.

Baca Juga

"Jadi informasi yang mengatakan FIFA meminta Indonesia jadi Tuan Rumah itu tidak benar," tegas dia.

Memang sebelumnya Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat memiliki keinginan untuk Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia di level senior.

Namun memang hingga saat ini belum ada pembicaraan resmi terkait hal tersebut. Sejauh ini FIFA sendiri juga baru membuka pendaftaran untuk Piala Dunia 2030 belum membahas untuk edisi 2040. 


1. Menarik Perhatian FIFA dari Piala Dunia U-20

Logo Piala Dunia U-20 2023.

Untuk saat ini Indonesia memang tengah fokus untuk mensukseskan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang akan bergulir pada 22 Mei mendatang.

Jika sukses, bukan tidak mungkin Indonesia bisa meyakinkan FIFA untuk menggelar Piala Dunia level senior.

"Persiapan Piala Dunia U-20 ini menjadi cikal bakal penting untuk penilaian kita siap tidak untuk Piala Dunia senior," ujar Erick beberapa waktu lalu.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri bakal diikuti 24 negara dan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 menjadi ajang perdana turnamen sepak bola bergengsi di bawah naungan FIFA yang berlangsung di Indonesia.

Meski gelaran turnamennya untuk kelompok umur namun Piala Dunia U-20 tidak bisa dipandang sebelah mata penting dan gengsinya.

Baca Juga

Pasalnya banyak bintang sepak bola dunia yang lahir dari turnamen tersebut sebut saja Lionel Messi. 

Pemain asal Argentina ini sebagaimana data yang dihimpun merupakan salah satu punggawa saat Tim Tango menjadi juara Piala Dunia U-20 di Belanda pada 2005.

Baca Juga

Saat itu Messi yang penuh talenta tersebut berusia 18 tahun. Karir Messi terus melesat bersama klub asal Spanyol, Barcelona. Sejumlah tropi berhasil ia persembahkan untuk tim Catalan itu.

Begitu juga dengan prestasi pribadi dengan menjadi pemain terbaik dengan berbagai level hingga dunia.

Untuk level timnas senior, ia sudah memberikan beberapa gelar di antaranya Copa America dan Piala Dunia 2022.

Baca Juga
FIFAPiala DuniaPSSILiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini