x

Selain MotoGP, Lombok Siap Gelar Balap Sepeda Internasional L'etape Indonesia Tour de France

Selasa, 25 Januari 2022 19:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Lombok siap menggelar ajang bergengsi balap sepeda level internasional Tour de France bertajuk L’Etape Indonesia di bulan Februari.

INDOSPORT.COM – Setelah dipastikan menggelar MotoGP Mandalika 2022,  Lombok siap menggelar ajang bergengsi balap sepeda level internasional Tour D France bertajuk L’Etape Indonesia di bulan Februari.

Balap sepeda jalan raya (road bike) bertaraf internasional yang bertajuk L'Etape Indonesia by Tour de France dijadwalkan digelar di Lombok pada 20 Februari 2022 mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Ini akan menjadi pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah event lomba balap legendaris tersebut. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pun mendapat kehormatan untuk menggelar ajang ini.

Dengan event ini akan dilangsungkan kurang dari satu bulan lagi, pemerintah Lombok Tengah menggelar rapat koordinasi dalam rangka mendukung penyelenggaraan even Tour de France L’Etape Indonesia.

“Even ini sangat penting untuk mendapatkan perhatian khusus karena menyangkut nama baik Lombok Tengah dan NTB,” kata Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya di Praya, dilansir dari Antara.

Persiapan Pemkab Lombok Tengah juga menjangkau koordinasi dengan pemerintah provinsi terkait perbaikan ruas jalan dan mempersiapkan jalur yang akan dilewati para pebalap dunia nantinya.

Baca Juga
Baca Juga

Jalur Tour de France L’Etape Indonesia ini nantinya akan mencakup Kecamatan Praya Barat dan Praya Barat Daya dan Kecamatan Pujut.

“Jalur L’Etape yakni Kecamatan Praya Barat dan Praya Barat Daya dan Kecamatan Pujut. Kita akan koordinasikan dengan provinsi dan Kementerian PUPR,” jelas Lalu Firman.


1. Persiapan Sudah 85 Persen

Ilustrasi balap sepeda.

Secara terpisah, Race Director L’Etape Indonesia, Zaky Badrudin mengonfirmasi bahwa persiapan event ini sudah mencapai 85 persen baik dari segi kepanitiaan dan jalur yang akan dilewati para peserta.

“Kita sudah siap melaksanakan tinggal beberapa kendala yakni pengamanan dan kondisi rute atau jalan yang masih ada perlu penyelesaian oleh pemerintah daerah,” katanya.

Tour de France L’Etape Indonesia rencananya bakal dua pilihan lintasan yaitu; mengambil event dengan jarak 125 kilometer atau 81 kilometer dengan rute yang akan berbeda.

Pada Desember 2020 lalu, sudah sempat dilakukan launching Tour de France L’Etape Indonesia yang diikuti 50 peserta dengan menempuh rute 81 kilometer. Rute yang diambil mulai dari Mataram, Senggigi, Pusuk, dan kembali ke Mataram.

Tour de France L’Etape Indonesia sendiri merupakan ajang olahraga bertaraf internasional kedua yang digelar di Lombok, setelah MotoGP Indonesia yang rencananya akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 mendatang.

Balap SepedaTour de FranceNusa Tenggara Barat

Berita Terkini