Antisipasi Virus Corona, NBA Minta Para Pemain Pakai Cincin Pintar

Jumat, 19 Juni 2020 11:49 WIB
Penulis: Farhan Naufal Iskandar | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Katelyn Mulcahy/Getty Images
Bintang LA Lakers, Anthony Davis (tengah) saat dikepung oleh dua pemain Memphis Grizzlies dalam pertandingan NBA pada akhir Februari 2020 lalu. Copyright: © Katelyn Mulcahy/Getty Images
Bintang LA Lakers, Anthony Davis (tengah) saat dikepung oleh dua pemain Memphis Grizzlies dalam pertandingan NBA pada akhir Februari 2020 lalu.

INDOSPORT.COM - Untuk menjaga kesehatan dan keamanan, NBA berencana mengharuskan para pemain dan staf untuk memakai cincin pintar (smart ring) dan magic band selama bermain di Disney World, Orlando.

NBA secara resmi telah meluncurkan sebuah protokol khusus mengenai aturan penjagaan kesehatan dan keamanan selama mengikuti kompetisi lanjutan di musim 2019/2020. Protokol ini dinilai sangat ketat, karena setiap staf dan pemain harus mematuhi peraturan yang tertulis lebih dari 100 lembar!

Dalam protokol tersebut, disebutkan para penghuni yang bermukim akan diberikan sebuah cincin pintar, Disney magic band, pulse oximeter, dan termometer pintar untuk mengurangi penyebaran virus corona Covid-19.

Cincin pintar nantinya akan terus dipakai pemain selama berada di Disney World. Cincin bermaterial titanium ini dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ternama, Oura.

Teknologi ini akan mengecek suhu tubuh, fungsi pernapasan, serta detak jantung. Selain itu, Oura sendiri menyebutkan bahwa, cincin ini mampu memprediksi gejala Covid-19 sampai 3 hari sebelumnya.

Selanjutnya, Disney magic band akan selalu dipakai pemain kemanapun mereka berpergian, namun boleh dilepas ketika latihan dan bertanding. Gelang ini akan menjadi akses bagi pemain untuk masuk kamar dan pengecekan awal dari pihak keamanan.

Secara fungsi, gelang ini mirip dengan yang digunakan bagi para pendatang untuk melakukan transaksi apapun di Disney.

Selain itu, pulse oximeter dan termometer pintar sendiri akan digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan temperatur tubuh per harinya.

Protokol kesehatan seketat ini, bagi para pemain belum mampu memastikan mereka aman dari serangan Covid-19.

Maka dari itu, Adam Silver selaku Komisioner NBA menyatakan dirinya sangat prihatin dengan kondisi ini dan tidak akan menghukum para pemain yang memutuskan tidak ingin bermain pada lanjutan NBA musim 2019/2020.