Menpora Ungkap Untung Penjualan Tiket FIBA World Cup Hampir Rp13 Miliar

Jumat, 14 Juli 2023 20:56 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Dito Ariotedjo saat memberi kata sambutan pada acara Hitung Mundur 50 Hari Menuju FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Selasa (11/07/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Dito Ariotedjo saat memberi kata sambutan pada acara Hitung Mundur 50 Hari Menuju FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Selasa (11/07/23).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Dito Ariotedjo, mengungkapkan bahwa keuntungan dari penjualan tiket FIBA World Cup 2023 sudah hampir menyentuh Rp13 Miliar.

Seperti diketahui, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah ajang FIBA World Cup 2023 yang akan mulai digelar pada 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Meski Indonesia tak menyumbang skuad di kejuaraan dunia tersebut, namun beragam persiapan dirampung dengan apik demi meninggalkan kesan positif di penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 tersebut.

Pembangunan Indoor Multifunction Stadium, GBK, merupakan salah satu yang dipersiapkan oleh Indonesia untuk venue pertandingan yang bakal diikuti oleh berbagai pebasket dunia ternama.

Menyoal persiapan menjelang FIBA World Cup 2023, Menpora RI, Dito Ariotedjo, menuturkan bahwa secara keseluruhan Indonesia sudah siap menjamu tim-tim kelas dunia untuk saling mengadu kemampuan di kejuaraan bergengsi itu. 

"Ya untuk persiapan tuan rumah secara penyelenggaraan, dua hari lalu kita bersama Direktur Eksekutif FIBA hadir dan sudah inspeksi juga di IMS," pungkas Menpora RI, Dito Ariotedjo, Jumat (14/07/23), di Kemenpora RI, Jakarta.

"Alhamdulillah sudah beres dan untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 kami sudah siap," sambung Dito Ariotedjo.

Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK sendiri beberapa hari lalu mendapat acungan jempol dari FIBA. Ya, kini pembangunan stadion megah tersebut memang sudah rampung.

Gedung berkapasitas 16.000 penonton itu dinilai FIBA megah dan siap untuk perhelatan pertandingan internasional. Bak venue basket NBA, Indonesia Arena juga memiliki videotron di atas lapangan.

Meski begitu, hasil koreksi dari FIBA menjelaskan bahwa tinggal sedikit lagi sentuhan untuk menyempurnakan Indonesia Arena khususnya area lapangan.

FIBA menyarankan bahwa harus dipasang lantai yang sesuai dengan standar FIBA. Sebab, saat ini yang terdapat di venue masih menggunakan kelas biasa.