x

Eks Pacar Gisella Anastasia Jadi Manajer Timnas Basket Indonesia 3x3 SEA Games

Kamis, 6 April 2023 13:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Legenda basket Indonesia, Wijaya Saputra, resmi ditunjuk sebagai manajer Timnas Basket Indonesia 3x3 untuk SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Legenda basket Indonesia, Wijaya Saputra, resmi ditunjuk sebagai manajer Timnas Basket Indonesia 3x3 untuk SEA Games 2023.

Kabar ini diumumkan oleh klub IBL Dewa United Banten saat melepas Wijaya Saputra menjalankan tugas barunya melalui akun Instagram pada Kamis (06/04/23).

“Selamat bertugas Wijaya Saputra (@jaysforeal) sebagai Manager Timnas 3x3 Sea Games 2023 Kamboja,” tulis Dewa United.

Pria yang dikenal akrab dengan sapaan Wijin tersebut sebelumnya memang berada di jajaran manajemen timDewa United Banten di IBL Tokopedia 2023.

Kini Wijaya Saputra mengambil tantangan baru dengan menjabat sebagai Manajer Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia. Sebelum ada di balik layar, Wijaya pernah membela tim Stadium Jakarta di IBL. 

Baca Juga

Nantinya, Wijin akan mendampingi legenda IBL lainnya yakni Fandi Andika Ramadhani yang resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas basket 3x3 Indonesia.

Rama (panggilan akrabnya) juga pernah menjadi pemain 3x3 rangking pertama di Indonesia pada tahun 2015 menurut fiba3x3.com. Dia juga pernah beberapa kali membela timnas Indonesia di ajang FIBA 3x3. 

Baca Juga

Wijaya dan Rama adalah dua pemain yang pernah menjadi juara FIBA 3x3 World Tour Masters tahun 2013.

Tentunya, kehadiran dua legenda ini diharapkan bisa menularkan ilmunya untuk Timnas 3x3 Putra Indonesia, yang diproyeksikan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga

1. Perbasi Panggil 9 Pemain ke Timnas 3x3 Puta Indonesia

Timnas Basket Putri Indonesia 3x3 sudah menyiapkan diri agar mampu bersaing sejak 4 April lalu di GOR Cahaya Lestari Surabaya.

Sebelumya, Perbasi juga memanggil sembilan pemain untuk mengikuti seleksi Timnas 3x3 yang akan bertanding dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja di Cisarua, Bogor.

 Tiga nama yang dipanggil merupakan penggawa Timnas 3x3 Putra yang baru saja berkompetisi di ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2023 di Singapura, yakni Ikram Fadhil, Agus Salim, dan Avan Seputra.

Kemudian enam nama lainnya merupakan langganan seleksi Timnas 3x3. Mereka adalah Kevin Moses Poetiray, Muhamad Reza Guntara, Laurentius Steven Oei, Anthony Erga, Nickson Damara Gosal, dan pemain muda Karl Patrick Gloria.

Dari nama-nama tersebut, empat pemain yang dibawa ke FIBA 3x3 Asia Cup ada empat, yaitu Rio, Avan, Ikram, dan Agus. Selain itu ada pemain yang dipertahankan, yaitu Agus Salim, Avan Seputra, dan Ikram Fadhil.

Namun ada beberapa pemain baru, yaitu Kevin Moses Eliazer Poetiray, M. Reza Fahdani Guntara, Laurentius Steven Oei, Karl Patrick Utiarahman G., Antoni Erga, dan Nickson Damara Gosal.

Baca Juga

Dari nama-nama baru berikut, ada pula pemain timnas basket, yang tidak di bawa ke Australia. Sehingga mereka ikut TC 3x3. 

Sekedar informasi, Timnas 3x3 Putra Indonesia baru saja menelan pil pahit dari ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2023, di Singapura.

Baca Juga

Mereka hanya finis di peringkat ketiga dalam babak kualifikasi. Sementara tim yang masuk babak utama haruslah ada di peringkat pertama. Indonesia kalah dua sekali di fase kualifikasi.

Meski demikian, hasil ini menjadi pelajaran berharga bagi Timnas 3x3 Putra Indonesia sebab ini jadi modal mereka bersiap untuk menghadapi SEA Games 2023 di Kamboja.

Timnas 3x3 Indonesia harus bisa merebut kembali medali 3x3 yang pernah mereka dapatkan di tahun 2019.

Baca Juga
Wijaya SaputraBasketTimnas Basket Indonesia 3x3Berita BasketSEA Games 2023Dewa United Banten

Berita Terkini