x

Timnas Basket Bekuk Indonesia Patriots di Laga Perdana International Basketball Invitational

Rabu, 2 Agustus 2023 23:40 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Basket Indonesia sukses membungkam Indonesia Patriots di hari pertama ajang International Basketball Invitational.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia sukses membungkam Indonesia Patriots di hari pertama ajang International Basketball Invitational.

Berlangsung di Indoor Multifunction Stadium (IMS), GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (02/08/23), Timnas Basket Indonesia menang atas Indonesia Patriots dengan skor akhir 82-56.

Baca Juga

Pertandingan perdana International Basketball Invitational hari ini berlangsung cukup sengit, kedua kubu saling bersikeras mengejar point.

Apalagi, Timnas Basket Indonesia diperkuat dengan beberapa pemain apik seperti Derrick Michael Xzavierro dan pemain diaspora Zane William Adnan.

Ditukangi Milos Pejic, Timnas Basket Indonesia sendiri memang dihuni oleh para senior basket tanah air, sementara Indonesia Patriots terdiri dari para pemain muda calon generasi penerus di masa yang akan datang.

Pelatih Timnas Indonesia, Wahyu Widayat Jati, menuturkan bahwa meski timnas Indonesia menang di match pertama International Basketball Invitational hari ini, namun sejatinya masih banyak yang perlu dibenahi oleh Yudha dkk.

Baca Juga

“Menurut saya, kita belum sepenuhnya ya bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Karena dari statistik secara defense kita belum rapih, dilihat dari begitu gampangnya setiap mereka melakukan serangan, mereka juga bisa melakukan tembakan dengan mudah,” pungkas Wahyu Widayat saat sesi jumpa pers selepas laga, Rabu (02/08/23).

“Contohnya serangan mereka melaui pick and roll. Pick and roll kita coverage nya masih belum memuaskan ya, terus di sisi offense kita juga belum ngeblend lah,” sambung Wahyu Widayat Jati.

Senada dengan Wahyu, salah satu pemain timnas basket Indonesia, Yudha Saputera mengakui sejatinya ia bersama skuad Garuda memang masih minim jadwal latihan untuk menghadapi test event yang bertajuk International Basketball Invitational ini.

“Benar kata coah wahyu, tadi kita belum cukup ngebland. Karena kita kan juga baru beberapa hari latihan,” aku Yudha Saputera.

“Game tadi kita pakai untuk fokus ke game-game besok lawan suriah dan Uni Emirat Arab (UEA), dan benar juga tadi kita defense nya kurang bagus, tinggal nanti kita perbaiki di latihan dan fokus untuk next game lagi,” pungkas Yudha.

Baca Juga

1. Jadwal Berubah Dadakan

Timnas Basket Indonesia (putih) berhasil mengalahkan Indonesia Patriots dengan skor 82-56 pada test even bertajuk Indonesia International Basketball Invitational 2023 (IIBI 2023). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

Pada gelaran test event bertajuk International Basketball Invitational hari ini, sejatinya timnas Indonesia tidak langsung berhadapan dengan Indonesia Patriots.

Awalnya, timnas basket Indonesia akan berhadapan dengan tim suriah di match ke-1 hari pertama ajang International Basketball Invitational hari ini, Rabu (02/08/23).

Hal tersebut dikarenakan tim Suriah baru mendarat di Indonesia pada pagi hari tadi. Alhasil, manajemen dari Suriah meminta perpanjang waktu untuk para pemainnya rehat.

Dengan begitu, Panitia Pelaksana (Panpel) Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) langsung bergegas melakukan penyesuaian jadwal pertandingan untuk dua hari pertama event.

"Perbasi meminta mengubah panpel pertandingan dengan mempertimbangkan kondisi tim Suriah. Sebab, mayoritas pemain mereka baru tiba di Jakarta pada Selasa (2/8/2023) pagi ini karena force majeur keterlambatan jadwal pesawat yang tiba di Jakarta," jelas, Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Baca Juga

Dikatakan Nirmala, bahwa perubahan jadwal ini diambil setelah berkomunikasi dengan tim Suriah. Pihak Suriah dinilai tidak akan bisa memberikan perlawanan maksimal jika langsung bermain melawan timnas senior.

"Pertimbangan-pertimbangan ini yang membuat kami memutuskan menyesuaikan jadwal pertandingan," tambah Nirmala.

Baca Juga

Untuk hari pertama pada Rabu, 2 Agustus, timnas Indonesia yang awalnya dijadwalkan menghadapi Suriah pada pukul 16.45 kini beralih menghadapi Indonesia Patriots. Sementara game malam hari mulai pukul 20.30 dari awalnya Uni Emirat Arab melawan Indonesia Patriots berganti menjadi Uni Emirat Arab vs Suriah.

Penyesuaian ini berdampak pada pertandingan hari terakhir, Sabtu (05/08/23), yang mana Timnas Indonesia yang terjadwal menghadapi Indonesia Patriots pada pukul 16.45 berganti lawan menjadi meladeni Suriah.

Sementara Indonesia Patriots akan bertanding melawan Uni Emirat Arab mulai pukul 20.30 WIB. Sedangkan untuk game hari kedua pada Jumat (04/08/23) tetap sama.

Baca Juga
Timnas Basket IndonesiaBasketBerita BasketIndonesia Patriots

Berita Terkini