Magnus Carlsen Akan Kejar Elo FIDE Rating 2900 Pertama Sepanjang Sejarah?

Rabu, 18 Januari 2023 11:56 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Pavel Mikheyev
Grandmaster catur Norwegia, Magnus Carlsen. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev. Copyright: © REUTERS/Pavel Mikheyev
Grandmaster catur Norwegia, Magnus Carlsen. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev.

INDOSPORT.COM - Magnus Carlsen yang berpartisipasi di Tata Steel Chess 2023 meyakini bahwa dirinya mungkin tak akan sanggup untuk capai elo FIDE Rating 2900.

Gelaran turnamen catur pembuka, Tata Steel Chess, sedang berlangsung di kota Wijk aan Zee, Belanda, seperti biasanya.

Magnus Carlsen yang juga turut ambil bagian dalam turnamen ini pun sempat unggul dengan mengantongi 1,5 poin dari total 2 poin yang bisa ia dapatkan.

Perolehan poin dalam turnamen kali ini masih sama seperti pertandingan lainnya dengan 1 poin jika menang, 0,5 poin jika imbang, dan 0 poin jika kalah.

Magnus Carlsen pun awalnya berhasil ditahan imbang oleh Grandmaster asal Amerika Serikat, Levon Aronian, dan berhasil menang dalam laga melawan Grandmaster asal Jerman, Vincent Keymer.

Levon Aronian memang dikenal sebagai salah satu rival terberat bagi Magnus Carlsen yang hanya berhasil menang sebanyak 17 kali melawan Aronian.

Aronian sendiri pernah menghancurkan dominasi Carlsen sebanyak delapan kali dan membuat pertandingan dari keduanya selalu ditunggu-tunggu.

Levon Aronian pun memiliki elo rating 2735 hanya terpaut sedikit saja dari Magnus Carlsen dengan angka 2859.

Magnus Carlsen sendiri merupakan pecatur dengan elo rating tertinggi di dunia saat ini dan menjadi pemain catur dengan ranking pertama di dunia.

Tidak hanya itu saja, ia berhasil menjadi pecatur dengan elo rating tertinggi dengan 2882 setelah menggeser Gary Kasparov di angka 2851.