x

Sejarah, Tim Catur Papua Diperkuat Grand Master Indonesia

Selasa, 7 September 2021 14:22 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Sejarah baru kini melekat pada tim catur Papua yang dipersiapkan tampil di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, dengan bergabungnya salah seorang grand master Indonesia, Cerdas Barus.

Kehadiran Cerdas Baru kian membuka peluang tim catur Papua untuk mendulang medali emas sebanyak mungkin pada PON XX.

“Ini sejarah untuk pertama kali, salah satu Grand Master catur Indonesia memperkuat Papua. Di Indonesia, pecatur yang bergelar Grand Master masih bisa dihitung dengan jari, mungkin hanya beberapa orang seperti Utut Adianto, Susanto Megaranto, Novendra dan Cerdas Barus sendiri,” ujar Manajer tim catur Papua, Haji Ariadi lewat rilis yang diterima awak media olahraga INDOSPORT.COM, Selasa (07/09/21). 

Persatuan catur seluruh Indonesia (Percasi) Papua kian optimis bisa mendulang banyak medali emas dengan kehadiran Cerdas Barus.

Baca Juga
Baca Juga

"Kita berharap, minimal target raihan emas tercapai, syukur-syukur lebih. Kan ada 15 medali emas yang bakal diperebutkan, kalau bisa setengah itu milik Papua,” kata Ketua Harian Percasi Papua, Ventje Ropa.  

Sekum Percasi Papua Banjir Ambarita mengatakan, grand master Cerdas Barus tidak asing lagi di dunia catur Indonesia, dan termasuk salah satu pecatur yang disegani karena kualitas permainannya yang masih bagus dan masuk jajaran papan atas. 

“Kami bersyukur, Cerdas Barus bergabung dalam tim catur Papua, secara tim akan membangkitkan semangat, karena ada pemain bergelar Grand Master. Tentu hal itu membuka peluang besar untuk meraih medali emas,” ujar Ambarita. 


1. Kembali dari TC

Tim Catur Papua foto bersama setelah kembali ke Papua dari masa TC.

Kualitas permainan Cerdas Barus masih mumpuni, terbukti dalam beberapa turnamen yang diikuti, masih menunjukkan kemampuannya. 

“Cerdas Barus masih kuat, buktinya dalam turnamen Piala MPR bulan Juni lalu, masih bertengger di papan atas, padahal rata-rata pemain yang ikut adalah pecatur muda usia 20-30 tahunan,” kata Ambarita.

Baca Juga
Baca Juga

Saat ini, tim catur Papua lebih fokus menjaga kebugaran pemain, terutama setelah kembali ke Tanah Papua. “Pasca kembali ke Papua, setelah menggelar pemusatan latihan di Ciawi, kami lebih konsen menjaga fisik pemain, agar nanti saat main lebih fokus dan penuh konsentrasi,” tandasnya. 

Selain diperkuat oleh grand master Cerdas Barus, tim catur Papua juga akan diperkuat oleh Master Internasional, Yosef T Taher yang akan turun di kelompok putra perorangan, memperebutkan 3 medali emas. Ivana Maria Lasama Master Nasional Wanita di kelompok perorangan putri, memperebutkan 3 medali emas.

Rida Mutiani Master Nasional Wanita, Baiq Vina Lestari Master Nasional Wanita dan Aliya Sekar Kinarsih di kelompok beregu putri, memperebutkan 3 medali emas. Albert J Mebri, Reza Fajar Nugraha Master Nasional, Agus Sugianto dan Tommy Suprianto di kelompok beregu putra memperebutkan 3 medali emas.

PercasiPapuaUtut AdiantoCaturPON XX 2020PON Papua

Berita Terkini