x

Magnus Carlsen Akan Kejar Elo FIDE Rating 2900 Pertama Sepanjang Sejarah?

Rabu, 18 Januari 2023 11:56 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Grandmaster catur Norwegia, Magnus Carlsen. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev.

INDOSPORT.COM - Magnus Carlsen yang berpartisipasi di Tata Steel Chess 2023 meyakini bahwa dirinya mungkin tak akan sanggup untuk capai elo FIDE Rating 2900.

Gelaran turnamen catur pembuka, Tata Steel Chess, sedang berlangsung di kota Wijk aan Zee, Belanda, seperti biasanya.

Magnus Carlsen yang juga turut ambil bagian dalam turnamen ini pun sempat unggul dengan mengantongi 1,5 poin dari total 2 poin yang bisa ia dapatkan.

Perolehan poin dalam turnamen kali ini masih sama seperti pertandingan lainnya dengan 1 poin jika menang, 0,5 poin jika imbang, dan 0 poin jika kalah.

Magnus Carlsen pun awalnya berhasil ditahan imbang oleh Grandmaster asal Amerika Serikat, Levon Aronian, dan berhasil menang dalam laga melawan Grandmaster asal Jerman, Vincent Keymer.

Baca Juga

Levon Aronian memang dikenal sebagai salah satu rival terberat bagi Magnus Carlsen yang hanya berhasil menang sebanyak 17 kali melawan Aronian.

Aronian sendiri pernah menghancurkan dominasi Carlsen sebanyak delapan kali dan membuat pertandingan dari keduanya selalu ditunggu-tunggu.

Baca Juga

Levon Aronian pun memiliki elo rating 2735 hanya terpaut sedikit saja dari Magnus Carlsen dengan angka 2859.

Magnus Carlsen sendiri merupakan pecatur dengan elo rating tertinggi di dunia saat ini dan menjadi pemain catur dengan ranking pertama di dunia.

Tidak hanya itu saja, ia berhasil menjadi pecatur dengan elo rating tertinggi dengan 2882 setelah menggeser Gary Kasparov di angka 2851.

Baca Juga

1. Rating 2900 Terlalu Tinggi bagi Carlsen?

Grandmaster catur Norwegia, Magnus Carlsen. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev.

Dengan kejeniusannya, Magnus Carlsen tentu digadang-gadang akan menjadi pecatur pertama yang berhasil menembus angka 2900.

Dengan kemenangannya atas Vincent Keymer, Magnus Carlsen berhasil menambahkan satu angka dalam elo ratingnya.

Magnus Carlsen yang kini sedang mengejar gelar kesembilannya dalam di Wijk aan Zee mengaku bahwa 2900 rating bukanlah tujuannya.

“Pertandingan kuat seperti ini tentu sangat menyenangkan, tapi bukan berarti saya bisa menang dengan mudah,” sebutnya saat diwawancarai TV lokal.

Magnus Carlsen baru saja berhasil menjuarai dua gelar dunianya dalam turnamen rapid dan juga blitz.

Baca Juga

Beberapa bulan yang lalu, Magnus Carlsen baru saja membeberkan niatnya untuk menembus angka 2900 pertama dalam dunia catur.

Meski begitu, dia mengaku bahwa niatnya ini hanya untuk memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga

“Tujuan untuk 2900 ini semata-mata hanya untuk memotivasi saya untuk dapat bermain lebih baik lagi,” tambah Grandmaster berusia 32 tahun ini.

Magnus Carlsen mempunyai sebutan sebagai pecatur terbaik sepanjang masa. Memang hal ini sudah tak terbantahkan dengan segudang prestasi yang ia miliki.

Bahkan, Magnus Carlsen sendiri berhasil sabet enam gelar juara di gelaran Tata Steel Chess dengan kurun waktu hanya 10 tahun saja.

Baca Juga

Sumber: chess24

CaturBerita Olahraga

Berita Terkini