eSports

Akhirnya! Indonesia jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Free Fire

Senin, 10 Februari 2020 18:48 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Antusiasme penikmat eSports Tanah Air membuat pengembang game dan pemerintah tertarik untuk berkolaborasi mengadakan turnamen Free Fire level dunia. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Antusiasme penikmat eSports Tanah Air membuat pengembang game dan pemerintah tertarik untuk berkolaborasi mengadakan turnamen Free Fire level dunia.

INDOSPORT.COM - Antusiasme penikmat eSports Tanah Air membuat pengembang game dan pemerintah tertarik untuk berkolaborasi mengadakan turnamen level dunia. Kali ini, Garena Indonesia memboyong perhelatan Free Fire Champions Cup 2020 ke Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Free Fire Champions Cup merupakan ajang bergengsi dari game Free Fire untuk mencari wakil terbaik dunia, dan hanya 12 negara terpilih yang dapat mengikuti kompetisi tersebut, yang tersebar dari benua Asia, Amerika, Eropa dan Afrika.

Perlu perjalanan panjang dan proses seleksi yang tidak mudah bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Free Fire Champions Cup 2020. Selain mempertimbangkan market dan penikmat eSports, Indonesia memang unggul dalam sports tourism.

Maka, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penuh gelaran Free Fire Champions Cup 2020 di Jakarta, 19 April 2020 mendatang, dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp8,18 miliar.

"Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggaraan kejuaraan Free Fire Champions Cup menunjukkan bahwa ekosistem eSports Tanah Air terus terbangun," jelas Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh pada Senin (10/02/20) di Gelora Bung Karno.

"Mulai dari komunitas hingga industri eSports mampu memberi dampak positif terhadap ekonomi digital. Kami terus berupaya menjadi bagian dalam perkembangan eSports di Indonesia yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah," tambahnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto pun menyambut antusias Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi eSports level dunia, khususnya untuk game Free Fire yang memang memiliki player-player tangguh dari Tanah Air.

"Kami menyambut positif acara ini, Free Fire Champions Cup. Kami berharap acara ini akan sukses, tentu kami dari Kemenpora akan mensupport," sebut Gatot S. Dewa Broto saat ditemui di kawasan GBK.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu, wakil Indonesia di kompetisi Free Fire World Cup 2019 di Bangkok, yakni EVOS eSports berhasil menjadi juara pertama dan mengibarkan bendera Merah Putih di kompetisi level dunia tersebut.