x

Piala Presiden Esports 2023 Jadi Pijakan Awal Prestasi Atlet Muda Tanah Air

Sabtu, 21 Oktober 2023 17:54 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Menpora Dito Ariotedjo dan Menparekraf Sandiaga Uno membuka Piala Presiden Esports 2023.

INDOSPORT.COM - Babak Main Event Piala Presiden Esports 2023 resmi bergulir di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta, Sabtu (21/10/23).

Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023 sebagai wadah mencari bibit dan talenta baru di Tanah Air. Inilah wadah untuk pro player mengembangkan diri mereka lewat gim lokal. 

Baca Juga

“Piala Presiden Esports merupakan event pioneer yang dikembangkan oleh Pemerintah RI sekaligus menjadi benchmark di liga utama tim eSports Indonesia," kata Dito Ariotedjo dalam sambutannya.

"Lebih luas, Piala Presiden Esports berdampak kepada pengembangan karier anak muda serta ekonomi kreatif melalui kemajuan industri gim lokal. Jadi dari eSports bisa tercipta ekonomi baru dan juga menggali potensi generasi muda di Indonesia,” cetusnya.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyoroti konsistensi Piala Presiden Esports dalam melibatkan gim lokal di setiap edisinya.

Piala Presiden Esports dinilai memiliki potensi sebagai wadah pengembangan karya anak bangsa dengan terus memberikan panggung para pengembang gim asal Indonesia untuk memperlihatkan karyanya.

Baca Juga

“Piala Presiden Esports 2023 adalah event yang menjadi barometer eSports di Indonesia. Kejuaraan ini menggerakkan berbagai potensi, terutama dalam membuka peluang usaha, lapangan kerja dan prestasi eSports Indonesia yang meningkat,” papar Sandiaga. 

"Selain melahirkan talenta eSports baru, Piala Presiden Esports 2023 juga mendorong kemajuan industri gim lokal. Kami berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," imbuhnya.

Berbagai pertandingan seru tersaji dalam rangkaian acara di hari pertama babak Grand Final. Total ada tiga cabang game eSports yang dilaksanakan. 

Pertama adalah dua pertandingan semifinal Battle of Guardians. Yoking akan berhadapan dengan Ucupbadmann, sementara Joddz akan menghadapi Kays. Pemenangnya akan saling berhadapan di final yang berlangsung besok.

Baca Juga

Sementara itu Bigetron Era dan RRQ Mika akan bertarung di final MLBB Women. Bigetron mencatat sejarah sebagai tim pertama yang mengangkat trofi Piala Presiden Esports kategori MLBB Women.

Partai puncak hari pertama menghadirkan dua pertandingan semifinal Mobile Legends: Bang Bang. AURA Fire akan bertemu dengan Pendekar Esports, dan semifinal kedua mempertemukan EVOS Legends melawan Rebellion Zion. 

Tim yang berhasil menjadi pemenang akan saling bertemu di hari kedua, buat memperebutkan gelar juara Piala Presiden Esports 2023 kategori Mobile Legends: Bang Bang.

Baca Juga
Sandiaga UnoMenporaeSportsMobile LegendsPiala Presiden eSportsLokapalaBerita eSportsDito Ariotedjo

Berita Terkini