(FOTO) Setelah 50 Tahun, Pelari Wanita Ini Tuntaskan Dendam Kesumatnya

Selasa, 18 April 2017 20:08 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© thesun.co.uk/ap/associated press
Kathrine Switzer, seorang pelari maraton asal Amerika Serikat. Copyright: © thesun.co.uk/ap/associated press
Kathrine Switzer, seorang pelari maraton asal Amerika Serikat.

Sebuah pemandangan luar biasa mewarnai kompetisi lari Boston Marathon 2017 di Amerika Serikat. Pasalnya, dalam kompetisi tersebut nampak hadir seorang wanita bernama Kathrine Switzer.

Tentu Anda bertanya-tanya mengapa kehadiran wanita yang sudah berusia 70 tahun tersebut membuat kompetisi lari maraton tersebut menjadi spesial.

Ternyata kedatangannya dalam turnamen ini seperti menuntaskan perasaan dendamnya yang sempat mengalami masa buruk saat mengikuti kompetisi tersebut pada 1967 silam atau tepatnya 50 tahun yang lalu.

Ya, Kathrine tercatat merupakan wanita pertama yang tampil dalam ajang Boston Marathon. Namun, di penampilannya perdananya tersebut, Kathrine mendapat perlakuan buruk dari pihak panitia.

Saat itu, ia dilarang melanjutkan pertandingan oleh pihak penyelenggara, yang masih menganggap adalah hal yang tabu bagi seorang wanita untuk mengikuti kompetisi lari maraton.

© thesun.co.uk/ap/associated press
Kathrine Switzer Copyright: thesun.co.uk/ap/associated pressPengalaman buruk Kathrine Switzer dalam ajang Boston Marathon 1967.

Kathrine pun mendapat perlakuan kasar dari pihak penyelenggara yang berusaha mencabut nomor peserta di punggungnya saat sedang berlari. Penyelenggara balapan, Jock Semple bahkan sempat mengeluarkan makian kepada Kathrine.

"Segera pergi dari perlombaan yang saya buat dan berikan nomor peserta itu," ujar Jock seperti dikutip dari The Sun.

Kini, setelah 50 tahun tidak menampakkan diri dalam turnamen tersebut, Kathrine akhirnya muncul dan terlihat jelas wajah bahagia darinya. Seolah ia baru saja membalas sakit hati puluhan tahun yang ia rasakan.