x

Pecah Telor! India Akhirnya Raih Medali Emas Pertama di Olimpiade Tokyo

Sabtu, 7 Agustus 2021 20:57 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Logo Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - India akhirnya berhasil mendapatkan medali emas pertama di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Medali tersebut dipersembahkan oleh Neeraj Chopra.

Atlet lempar lembing putra, Neeraj Chopra berhasil meraih medali emas setelah menjadi juara di babak final Olimpiade Tokyo yang dilangsungkan pada, Sabtu (07/08/21).

Pada percobaan pertama, Chopra berhasil meraih hasil lemparan sejauh 87,03 meter. Kemudian hasilnya meningkat dalam pecobaan kedua yakni mencapai 87,58 meter.

Baca Juga
Baca Juga

Pada upaya ketiga dan keempat tidak dihitung, lalu upaya kelima dan terakhir ia melemparkan sejauh 84,24 meter. Hasil tersebut mengantarkan Neeraj Chopra untuk meraih medali emas.

Ia unggul dari 12 peserta yang lain. Chopra bahkan sukses mengalahkan atlet lempar lembing nomor satu dunia asal Jerman, Johannes Vetter.

Dengan demikian, Chopra menjadi atlet India pertama yang berhasil mempersembahkan medali emas di Olimpiade 2020. Ini juga merupakan medali atletik pertama India dalam sejarah Olimpiade.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, Jakub Vadlejch dan Vítezslav Vesely dari Republik Ceko mengantongi perak dan perunggu. Lemparan terbaik Vadlejch mencapai 86,67 meter, hasil tersebut membuatnya mendapatkan medali perak.

Sementara Veselý melempar sejauh 85,44 meter yang mengantarkannya finis ketiga.


1. Perolehan Medali India di Olimpiade Tokyo 2020

Neeraj Chopra (kiri) peraih emas lempar lembing putra Asian Games 2018 asal India menunjukkan hormat kepada peraih perunggu asal Pakistan Arshad Nadeem

Neeraj Chopra lolos ke final dengan lemparan sejauh 86,65 meter yang membuatnya lolos babak kualifikasi. Kemudian di babak final ia bisa mencapai lemparan sejauh 87,58 meter.

Meski demikian, rekor Olimpiade masih dipegang oleh Andreas Thorkildsen dari Norwegia yakni sejauh 90,57 meter. Rekor tersebut tercipta di Olimpiade Beijing pada tahun 2008. Sementara rekor dunia, yaitu 98,48m dipegang oleh Jan elezný dari Republik Ceko, sebuah tonggak sejarah yang tercipta pada tahun 1996.

Berkat medali emas dari Neeraj Chopra, India berhasil menduduki peringkat ke-47 dalam klasemen Olimpiade Tokyo 2020. India total sudah mengumpulkan tujuh medali yang terdiri dari satu medali emas, dua medali perak, serta empat medali perunggu.

Olimpiade 2020Lempar LembingOlimpiade Tokyo 2020

Berita Terkini