x

Masuk Skuat Indonesia di SEA Games 2023, Maria Natalia Londa Incar Emas Keenamnya

Minggu, 16 April 2023 18:19 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Jadi ratu lompat jauh dan lompat jangkit Indonesia, Maria Natalia Londa, membidik emas keenam dalam partisipasi kedelapan di SEA Games 2023 Kamboja.

INDOSPORT.COM – Jadi ratu lompat jauh dan lompat jangkit Indonesia, Maria Natalia Londa, membidik emas keenam dalam partisipasi kedelapan di SEA Games 2023 Kamboja.

Pesta olahraga terbesar Asia Tenggara bertajuk SEA Games 2023 berlangsung pada 5 sampai 17 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja, dengan total 46 cabang olahraga dipertandingkan.

Cabor atletik agaknya masih menjadi salah satu andalan Indonesia untuk meraih medali di ajang SEA Games 2023 mendatang.

Salah satu andalan yang ikut serta adalah Maria Natalia Londa. Atlet lompat jauh dan lompat jauh kelahiran Denpasar 29 Oktober 1990 itu masuk skuat Indonesia secara dramatis.

Melansir Antara, Maria Natalia Londa masuk skuat SEA Games 2023 setelah melampaui limit yang ditetapkan Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) pada Invitasi Atletik Nasional di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Selasa (11/04/23).

Baca Juga

Maria Natalia Londa menorehkan lompatan sejauh 6,43 meter atau melewati limit yakni 6,30 meter. Secara total, ini adalah partisipasi kedelapan bagi Maria Natalia Londa di ajang SEA Games.

Mendapatkan kepercayaan untuk ikut serta skuat Indonesia di SEA Games 2023, Maria Natalia Londa mengaku bersyukur dan akan membidik emas keenamnya untuk level SEA Games 2023.

Baca Juga

Sebelumnya, Maria Natalia Londa telah menorehkan lima medali emas SEA Games 2013 (lompat jauh, lompat jangkit), 2015 (lompat jauh dan lompat jangkit), serta 2019 (lompat jauh).

“Senang mendapatkan kepercayaan diri lagi. Semula sempat tidak dipanggil, tetapi akhirnya setelah invitasi Atletik Nasional saya secara otomatis lolos karena melampaui limit,” ujar Maria Natalia Londa melansir Antara.

“Di Kamboja menjadi SEA Games yang kedelapan. Selama ini sata terus berlatih. Target pribadi ingin lebih bagus dari catatan sebelumnya,” sambungnya.

Baca Juga

1. Bidik Hasil Terbaik

Meski telah meraih lima emas SEA Games, namun di edisi terakhirnya pada 2021 di Vietnam, Maria Natalia Londa meraih kekecewaan kala hanya berhasil meraih perunggu dari lompat jauh dan jangkit.

Meski telah meraih lima emas SEA Games, namun di edisi terakhirnya pada 2021 di Vietnam, Maria Natalia Londa meraih kekecewaan kala hanya berhasil meraih perunggu dari lompat jauh dan jangkit.

Jadi hal yang wajar jika penampilannya di SEA Games 2023 ini, dia ingin membidik hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Melansir Antara, Maria Natalia Londa memulai karirnya di cabor atletik sekiranya pada tahun 2000 Namanya melambung tinggi saat dia mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Atletik tahun 2007 dan tampil dalam Asian Games 2014.

Saat itu Maria Natalia Londa sukses meraup emas di Asian Games 2014 yang digelar di Incheon, Korea Selatan usai mencetak rekor setinggi 6.70 meter.

Sayangnya cedera sempat datang saat Maria Natalia Londa berpartisipasi di SEA Games 2015, yang membuatnya sempat ingin memutuskan pensiun,

Baca Juga

Namun dia mengurungkan niatnya pensiun dan terus mengabdikan dirinya pada cabor atletik di berbagai kejuaraaan dari Asian Games hingga SEA Games.

Jika dihitung-hitung, istri dari Made Sukarjata itu sudah mengumpulkan lebih dari 130 medali selama 30 tahun mengabdi di dunia atletik.

Baca Juga

Meski harus diakui jika usia yang sudah di atas kepala tiga, membuat Maria Natalia Londa  semakin terbatas dalam ikut kejuaraan. Bahkan dia nyaris tak dipanggil SEA Games 2023.

Berdasarkan jadwal SEA Games 2023 Kamboja, cabor atletik sendiri akan dipertandingkan pada 6 sampai 12 Mei mendatang.

Baca Juga

Sumber: Antara

IndonesiaAtletikSEA GamesMaria Natalia LondaLompat JauhPersatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)SEA Games 2023

Berita Terkini