Komunitas

Body Positif Movement Jadi Misi yang Diusung Wanita Bertubuh Gemuk Lakukan Yoga

Sabtu, 6 Agustus 2016 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© Jerry/Indosport
Tadasana merupakan gerakan cukup mudah di yoga untuk mengecilkan perut Copyright: © Jerry/Indosport
Tadasana merupakan gerakan cukup mudah di yoga untuk mengecilkan perut

Hal tersebut dibuktikan oleh komunitas Currv Yoga Indonesia yang memang memfokuskan olahraga yoga untuk kaum wanita yang memiliki berat badan di atas rata-rata. Olahraga asal India ini disebut mampu membantu para penggemar untuk meningkatkan rasa percaya diri.  

"Awalnya kita suka curhat tenatang di-bully dan lainnya lewat media sosial. Kemudian kita pilih yoga untuk menyalurkannya, karena ini sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri," ujar Riezki Aisah selaku founder Currv Yoga Indonesia kepada INDOSPORT.

Bertempat di Let's Yoga Jiwan Mukti, Cibubur, komunitas tersebut bertemu dan belajar serta melakukan kegiatan yoga bersama. Olahraga ini dipilih karena dinilai dapat membuat peserta yang memiliki berat badan di atas rata-rata untuk belajar keseimbangan hidup (cantik luar dalam) maupun berpikir positif. 

"Sebenarnya banyak yang ingin ikut, bahkan kali ini ada yang dari Makassar khusus datang ikut yoga. Kenapa kita pilih yoga, karena itu bisa membuat kita belajar tentang balancing, self confident, sama dengan misi kita yakni body positif movement," tandas wanita yang juga menjadi pembantu instruktur pada kegiatan tersebut. 

"Yoga merupakan sarana dan olahraga khusus bagi wanita berbadan besar serta mengalami krisis kepercayaan diri, karena selain sehat juga banyak hal positif yang didapat," sambung Riezki lebih lanjut.

Di sisi lain, wanita bertubuh ekstra ternyata lebih mudah untuk belajar yoga dikarenakan mereka sudah terbiasa mengatur keseimbangan tubuh. Manfaat lain dari yoga sendiri adalah bisa membuat pelakunya mengontrol dan mengolah emosi menjadi lebih stabil.

"Orang yang badan besar itu sebenarnya lebih bisa saat yoga daripada yang kurus karena sebenarnya mereka memang sudah sering membawa beban yang berat, jadi saat balancing sudah terbiasa. Kalau susah sih pasti, yoga itu permainan pikiran misalnya bisa membuat emosi lebih stabil," tutur Riezki Aisah lebih jauh. 

"Disini (yoga) kita diajarkan untuk tenang, kalaupun tidak bisa tetap diajarkan untuk tenang, dan berusaha menggunakan pikiran untuk mencari jalan keluar," tutupnya.

3