Asian Para Games 2018, Momen Bangkitkan Semangat Kaum Disabilitas

Sabtu, 6 Oktober 2018 20:01 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Persiapan pembukaanAsian Para Games 2018. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Persiapan pembukaanAsian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Akhirnya, perhelatan pesta olahraga tingkat Asia untuk para penyandang disabilitas, Asian Para Games 2018 sudah dimulai.

Ajang yang akan berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober ini dinilai oleh salah satu disabilitas sebagai sebuah momen untuk membangkitkan semangat bagi mereka lewat olahraga.

“Kejuaraan seperti ini sangat langka, melalui momen ini saya berharap kaum disabilitas terus bangkit dan semangat dalam menjalani hari-harinya," kata salah seorang yang memiliki kebutuhan khusus, Pungki. Seperti yang dikutip dari Antara.

Pesta olahraga yang diikuti oleh 43 negara itu direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hari ini.

Pesta pembukaan Asian Para Games 2018 akan menjadi kesempatan Indonesia untuk menjadi tuan rumah yang baik dari suatu acara yang besar.

Negara kita telah menunjukan kapasitasnya sebagai tuan rumah yang baik dan sukses pada ajang Asian Games. Kini saatnya, dunia melihat jika Indonesia juga mampu menyukseskan pesta olahraga untuk kaum difabel juga.

“Saya datang kesini dari siang untuk melihat opening ceremony Asian Para Games dan mendukung atlet Indonesia tentunya. Harapannya atlet Indonesia bisa mendapatkan medali emas," kata salah satu anggota dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jakarta (YPAC), Carlos

Sementara itu, mantan atlet jalan cepat Indonesia, Eri berpendapat, ajang ini adalah momen beharga atlet Indonesia menunjukkan kehebatannya di mata dunia.

Melalui ajang ini juga, bisa menjadi bukti kalau Indonesia bisa sukses di ajang Asian Para Games 2018.

Eri juga berharap pemerintah dapat lebih memerhatikan atlet Indonesia baik yang berkebutuhan khusus atau tidak, harapannya setelah pensiun dari atlet bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

"Saya sudah tidak menjadi atlet lagi, artinya sudah pensiun. Saya merasakan apa yang terjadi saat ini, kami mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah untuk pensiunan atlet ini, " kata Eri.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Para Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT