Opening Asian Para Games Sempat Panjatkan Doa untuk Gempa Palu

Sabtu, 6 Oktober 2018 21:32 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pengisi acara ramaikan pembukaan Asian Para Games 2018. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pengisi acara ramaikan pembukaan Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Pesta olahraga tingkat Asia untuk penyandang disabilitas, Asian Para Games 2018, resmi dibuka pada hari ini.

Acara yang akan berlangsung dari 6 hingga 13 Oktober itu akan diikuti oleh 43 negara peserta yang akan bertanding memperebutkan medali dari berbagai cabang olahraga Asian Para Games 2018.

Pagelelaran acara olahraga yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), sempat mengheningkan cipta selama beberapa menit untuk mendoakan korban gempa dan tsunami yang terjadi Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Hening cipta dipimpin oleh ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari dan Presiden Asia Paralympic Committe Majid Rashed sembari menyampaikan pidato resminya.

Sontak seluruh penonton, atlet, ofisial tim, dan Presiden Joko Widodo menundukkan kepala mendoakan seluruh masyarakat Palu dan Donggala.

Seperti yang kita tahu, Palu dan Donggala diguncang gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter (SR) yang menimbulkan tsunami setinggi di atas 2 meter. Gempa sendiri disebabkan adanya patahan di Sesar Palu Koro.

Dilansir dari Antara, korban meninggal dunia berjumlah 1.649 yang tersebar di beberapa wilayah Sulawesi Tengah. Semoga dengan doa dan hening cipta di acara pembukaan Asian Para Games dapat meringankan beban dan memberi penghiburan bagi para korban bencana alam.

Sementara itu, Asian Para Games Jakarta 2018 merupakan perhelatan ketiga setelah digelar pertama di Guangzhou tahun 2010 dan di Incheon tahun 2014.

Asian Para Games 2018 diikuti 2.762 atlet untuk memperebutkan 512 medali emas dari 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

 Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Para Games 2018 hanya di INDOSPORT