Kibarkan Bendera Indonesia Terbalik, Netizen Ramai-ramai Geruduk Akun SEA Games Kamboja

Jumat, 5 Mei 2023 19:39 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© PRESS OCM Opening Ceremony
Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, mendapat sorotan tajam dari netizen Tanah Air berkaitan dengan pengibaran bendera Indonesia pada acara pembukaan. Copyright: © PRESS OCM Opening Ceremony
Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, mendapat sorotan tajam dari netizen Tanah Air berkaitan dengan pengibaran bendera Indonesia pada acara pembukaan.

INDOSPORT.COM – Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja, mendapat sorotan tajam dari netizen Tanah Air berkaitan dengan pengibaran bendera Indonesia pada acara pembukaan.

Kejadian ini terjadi pada acara pre show pembukaan SEA Games 2023. Sontak, potongan video pun menjadi viral di media sosial. 

Kamboja membuka gelaran SEA Games 2023 pada hari Jumat (05/05/23) malam ini WIB, meskipun sudah memulai rangkaian cabang olahraga sepak bola beberapa waktu lalu.

Timnas Indonesia U-23 bahkan sudah turun dalam dua pertandingan yang keduanya mampu dimenangkan.

Hanya saja, dalam pembukaan atau Opening Ceremony SEA Games 2023, ada satu insiden yang kemudian menyulut kemarahan warganet Indonesia.

Hal ini terjadi ketika parade bendera SEA Games 2023 yang dilakukan untuk membuka gelaran dua tahunan di ASEAN itu.

Nampak bendera Indonesia dibawa oleh salah satu penari yang ada di panggung bersama dengan beberapa kontingen negara ASEAN lainnya.

Hanya saja, bendera Indonesia yang ditampilkan dikibarkan secara terbalik dengan warna putih di atas dan warna merah berada di bawah.

Tentu saja, kesalahan fatal peletakan bendera ini langsung menyulut kekesalan warganet asal Indonesia yang sudah tentu mendukung kontingen di SEA Games 2023.

Hal ini dapat dilihat di akun Instagram resmi SEA Games 2023 @cambodia_2023, di mana para netizen Tanah Air langsung ramai-ramai mengkritik.