Kontingen Indonesia Akan Tampilkan Keragaman Budaya di Pembukaan SEA Games 2023

Jumat, 5 Mei 2023 18:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC Indonesia
Menpora Dito Ariotedjo dan NOC Indonesia Resmi Kukuhkan Tim Indonesia SEA Games 2023. Copyright: © NOC Indonesia
Menpora Dito Ariotedjo dan NOC Indonesia Resmi Kukuhkan Tim Indonesia SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari menyampaikan, kontingen Indonesia akan menampilkan keberagaman budaya bangsa saat pembukaan SEA Games 2023 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja.

Para atlet Indonesia akan mengenakan baju adat dari berbagai daerah dengan alasan membawa misi budaya, persahabatan dan solidaritas. keberagaman menjadi nilai penting yang mencerminkan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar.

"Pembukaan nanti, CdM Indonesia (Lexyndo Hakim) akan membawa misi budaya, jadi yang tampil akan menggunakan baju keragaman indonesia. Saya selaku Ketua NOC juga akan datang dengan pakai baju adat Bali," katanya.

"Hal yang harus dibanggakan adalah Indonesia itu dengan keberagaman, kita menjadi bangsa terbesar di ASEAN. Bahkan negara kedua terbesar yaitu Filipina kalau dikali dua masih banyak kita," ujar Raja Sapta.

"Jadi Ini bentuk keakraban kita, sekaligus menyajikan bentuk budaya kita dan mendorong prestasi olahraga kita," lanjutnya.

Raja Sapta Oktohari memilih baju adat Bali sebagai sorotan ditujukan sebagai  pengingat bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (AWBG) Bali yang akan digelar 5-12 Agustus.

Lebih lanjut, Ketua NOC Indonesia mengatakan pihaknya mendukung penuh Kamboja supaya sukses menggelar SEA Games 2023. Sebab, ini pertama kalinya  Negeri Khmer menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia Tenggara.

"Ini momen SEA Games bentuknya solidaritas dan kita datang memberikan dukungan dan apresiasi untuk Kamboja karena pertama kali bisa menggelar SEA Games," kata Raja Sapta.