Lewati Target Presiden Jokowi, CdM SEA Games 2023 Lexyndo Hakim Full Senyum

Kamis, 18 Mei 2023 00:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Youtube Sekretariat Presiden
Presiden RI Joko Widodo lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja di Istana Negara, Selasa (02/05/23). Copyright: © Youtube Sekretariat Presiden
Presiden RI Joko Widodo lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja di Istana Negara, Selasa (02/05/23).

INDOSPORT.COM - Seluruh pertandingan di SEA Games 2023 Kamboja dari semua cabang olahraga telah berakhir, Selasa (16/05/23). Banyak sejarah tercipta di SEA Games Kamboja, termasuk dicatatkan oleh Kontingen Indonesia.

Tim Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir. Pasukan Merah-Putih sukses menyabet 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Capaian tersebut melampaui target yang diminta Presiden RI, Joko Widodo saat pelepasan kontingen di Istana Negara, Selasa (02/05/23) lalu. Ketika itu, Presiden meminta, kalau bisa lebih dari 69 medali emas.

Tak hanya memenuhi target Presiden, capaian kali ini merupakan yang terbaik dalam enam SEA Games terakhir yang diikuti Indonesia. Dalam lima SEA Games sebelumnya atau sejak 2013, perolehan medali emas Kontingen Indonesia tidak pernah menyentuh angka 80.

Atas capaian tersebut, Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim pun tak lupa mengungkap syukur. Dia berterima kasih kepada atlet beserta ofisial yang telah berjuang di atas arena.

"Alhamdulillah, Tim Indonesia berhasil mengakhiri SEA Games 2023 dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu," bukanya.

"Terima kasih kepada semua atlet, pelatih, dan ofisial yang telah berjuang untuk mengibarkan Merah-Putih serta mengumandangkan Indonesia Raya," ujar Lexy.

Lebih lanjut, Lexy juga mengapresiasi  dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), serta seluruh pengurus cabor. Hal itu memudahkan dia mengurus cabor dan atlet yang bertanding.

"Terima kasih juga kepada Kemenpora, NOC Indonesia, dan semua pengurus cabor atas perhatiannya dalam membina atlet-atlet hingga mereka meraih prestasi yang ditargetkan," imbuhnya.

Di sisi lain, CdM Lexy juga memuji kinerja Kamboja dalam menyelenggarakan SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarah.