In-depth

Apa Kabar Kusuma Wardani? Peraih Medali Perak Olimpiade 1988 Kini Terbaring Lemah

Senin, 21 Agustus 2023 20:15 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© Muham/Indosport
Kusuma Wardani Kisah Peraih Medali Olimpiade Pertama Indonesia (Panahan) Copyright: © Muham/Indosport
Kusuma Wardani Kisah Peraih Medali Olimpiade Pertama Indonesia (Panahan)

INDOSPORT.COM – Mantan atlet panahan, Kusuma Wardani, pernah sukses mengharumkan bangsa Indonesia lewat prestasi mentereng berupa medali perak Olimpiade 1988 Seoul.

Nama Kusuma Wardani, Lilis Handayani dan Nurfitriyana menghiasi media cetak dan elektronik Indonesia saat sukses mempersembahkan medali perak kepada Ibu Pertiwi di Olimpiade 1988 Seoul.

Ketiga legenda atlet panahan Indonesia yang dijuluki Trio Srikandi itu tercatat menjadi penyumbang medali pertama bagi Kontingen Merah Putih di ajang pesta olahraga empat tahunan terbesar di dunia.

Tak berhenti di situ, kisah sukses Kusuma Wardani dua rekannya di Olimpiade 1988 belakangan diabadikan dalam sebuah film layar lebar berjudul "3 Srikandi".

Kini, Kusuma Wardani baru saja dikabarkan tengah mendapat perawatan di kamar ICU Rumah Sakit (RS) Hermina Makassar, Sulawesi Selatan, lantaran penyakit penyumbatan pembuluh darah yang dideritanya.

Kabar kurang baik ini disampaikan langsung oleh salah satu mantan atlet angkat besi Indonesia peraih medali SEA Games Chiang Mai 1995, Olympian Patmawati.

"Benar, kak Kusuma Wardani sedang dirawat di ruang ICU RS Hermina Makassar sejak 16 Agustus lalu. Saya sudah cek kebenarannya,” kata Olympian Patmawati di Jakarta, Kamis (17/8/23).

“Info dari anaknya sih Kusuma Wardani kena hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah. Dan, saya juga dapat kabar sebelum masuk RS kak Kusuma itu sudah tidak bisa berjalan," sambungnya.

Olympian Patmawati juga sekaligus sedikit mengenang sosok wanita kelahiran 20 Februari 1964 itu. Dirinya menuturkan bahwa ia sudah menganggap Kusuma Wardani sebagai keluarga.

"Saya sangat mengenal Kusuma Wardani karena sama-sama masuk Pelatda PON Sulsel. Saya juga sangat mengenal kedua orang tuanya dan sudah dianggap sebagai keluarga sendiri. Semoga kak Kusuma Wardani cepat sembuh," kata Olympian Patmawati.