x

Kenal Lebih Dekat Teqball, Aliran Baru Sepakbola

Rabu, 11 November 2015 16:35 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Jenis olahraga baru saat ini makin banyak yang bermunculan. Kebanyakan jenis olahraga baru ini tercipta dari gabungan dua olahraga baru, contohnya Teqball. 

Teqball merupakan cabor baru yang saat ini sedang populer utamanya di Eropa. Teqball sendiri merupakan gabungan antara dua jenis olahraga yang sudah ada sebelumnya yakni tenis meja dan sepakbola. 

Seberapa kenal pembaca setia INDOSPORT terhadap Teqball? berikut ulasan lengkapnya untuk pembaca setia INDOSPORT: 


1. Apa itu Teqball

Teqball ialah jenis olahraga baru yang aturan dan cara bermainnya menggabungkan dua jenis olahraga yakni sepakbola dan tenis meja. Teqball saat ini sangat populer di masyarakat Eropa, utamanya disejumlah negara seperti Jerman, Inggris dan Belanda. 


2. Cara Bermain Teqball

Teqball menekankan tidak ada kontak fisik antara pemain, aturan ini untuk mencegah terjadinya resiko cedera karena berbenturan antar pemain. Teqball dikembangkan dengan pendekatan ilmiah karenanya olahraga ini bukan sekedar olahraga keberuntungan. Teqball diperbolehkan dimainkan sebanyak 2 sampai 4 pemain. 


3. Aturan Teqball

- Setiap pemain hanya diberi waktu 2-3 detik untuk mengontrol bola. 

- Setiap pemain juga hanya 3 kali menyentuh bola saat akan melakukan serangan ke lawan. 

- Di Teqball juga dilarang menggunakan bagian tubuh yang sama sebanyak dua kali berturut-turut. 

- Tiap pemain juga dilarang mengembalikan bola lawan secara dua kali berturut-turut menggunakan bagian tubuh yang sama. 

Namun menariknya di Teqball tidak aturan ketat yang membatasi permainan, tiap permainan yang dilakukan si pemain dibebaskan untuk mengembangkan alternatif di aturan Teqball. 


4. Peralatan Teqball

Teqboard: Teqboard ialah meja di teqball yang hampir menyerupai meja pada olahraga tenis meja namun bentuknya sedikut lebih melengkung pada sisi bagian kiri dan kanan. Seperti dilansir teqball.com, Teqboard telah dikembangkan secara teoritis dengan menerapkan aturan matematika dan fisika. Tujuannya agar pemain Teqball terbantu untuk bisa mengatur skema serangan ke lawan guna dapat poin. 


5. Bintang Sepakbola Menyukai Teqball

Salah satu legenda Belanda yang kini sedang membesut Southampton, Ronald Koeman pernah memberikan komentar terkait Teqball. Menurut Koeman, Teqball memungkin seorang pesepakbola untuk melatih skillnya men-juggling bola. 

Selain itu pada Juli 2015 lalu, sejumlah eks bintang Real Madrid pamer kebolehan di olahraga Teqball salah satunya ialah mantan bek Real Madrid, Ivan Campo. 


6. Ujvari Izabella

Ujvari Izabella merupakan salah satu atlet Teqball yang cukup terkenal saat ini. Perempuan kelahiran Budapest, Hungaria, 20 tahun silam ini sebelumnya ialah pesepakbola wanita yang sempat membela sejumlah klub di Hungaria, salah satunya, MTK Hungaria FC pada 2014 lalu. Selain geluti Teqball, Izabella juga salah satu freestyle sepakbola. 

Tenis MejaTeqball

Berita Terkini