x

Pemandu Wisata Siap Dikerahkan Pemprov DKI untuk Asian Games

Jumat, 26 Januari 2018 16:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
Tampilan kereta api jelang Asian Games 2018.

Jelang Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus sampai 2 September 2018, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta siap menerjunkan pemandu wisata profesional. Hal itu untuk mempermudah para wisatawan maupun atlet yang berlaga di Jakarta.

Pemandu wisata tersebut tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) cabang Jakarta. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Tinia Budiati ketika membuka Pelatihan Pramuwisata Muda Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Tinia Budiati.

"DKI Jakarta akan menggelar perhelatan besar tahun ini, yaitu Asian Games dan Paragames dan untuk itu diperlukan peran pramuwisata untuk mendukung event tersebut," beber Tinia.

Menurutnya penyelenggaraan Asian Games kali ini diprediksi akan kedatangan puluhan ribu tamu dari berbagai negara. Sehingga DKI Jakarta akan berusaha mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada.

Tampilan kereta api jelang Asian Games 2018.

"Untuk itulah diperlukan pemandu wisata yang handal dan kompeten, tidak hanya sekadar mengenalkan tempat wisata, tetapi juga juga budaya dan kuliner khas ibukota," katanya seperti dikutip Antara.

"Sebab sektor pariwisata menyumbang devisa kedua terbesar secara nasional dan bukan tidak mungkin akan menjadi nomor satu. Untuk itulah diperlukan pemandu wisata yang profesional untuk memenuhi kebutuhan yang semakin besar," pungkasnya.

Logo cabang olaharaga di bus TransJakarta.

Ajang Asian Games telah dilakukan sebanyak 17 kali. Sepanjang sejarah Asian Games, baru kali ini dua kota yang dijadikan tuan rumah. Lalu Indonesia menjadi negara pertama yang mencatatkan sejarah tersebut.

Baca Juga

Asian Games 2018 kali ini akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan delapan cabang olahraga non olimpiade yang mencapai 490 nomor perlombaan.

Asian GamesAsian Games 2018DKI JakartaMulti-Event

Berita Terkini