x

Sempat Mogok Tiga Kali, LRT Tetap akan Digunakan Atlet di Asian Games 2018

Rabu, 15 Agustus 2018 15:21 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
LRT atau kereta cepat di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Setelah viral di media sosial menganai kejadian mogok yang ketiga kali LRT (light rail transit) Palembang, Sumatera Selatan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya meminta maaf seraya menjamin kejadian serupa tak akan terulang selama gelaran Asian games 2018.

"Saya minta maaf atas kejadian ini. Ini bukan 'excuse' (berdalih), memang LRT Palembang upaya kami memberanikan diri untuk segera menggunakan produk dalam negeri," katanya Ketika ditemui di Kemenko Kemaritiman Jakarta (14/08/18) dinukil dari Antara.

"Saya sebagai pemilik proyek, kalau mau 'safety', saya tunjuk saja Hyundai, harga relatif sama dan tidak usah pusing. Tapi memang keinginan kami produk dalam negeri ini bisa jalan," tambahnya.

Baca Juga

Dirinya mengakui berdasarkan identifikasi sementara, dua mogok pertama terjadi karena ada kesalahan standar operasional prosedur (SOP) dan mogok ketiga terjadi karena alasan teknis.

Oleh karena itu, pria 61 tahun tersebut sudah menugaskan semua pemangku kepentingan baik Kemenhub, Waskita, LEN, INKA, untuk benar-benar menjaga semua instalasi dengan baik dan kejadian serupa tak berulang khususnya selama gelaran Asian Games 2018.


1. Transportasi Atlet dari Bandara

LRT atau kereta cepat di Asian Games 2018.

Keberadaan LRT di palembang sendiri memang penting selama gelaran Asian Games 2018. Dengan kapasitas yang banyak, LRT bisa dimanfaatkan untuk mengangkut para Atlet setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II menuju wisma atlet Jakabaring Sport City Palembang.

Hal tersebut dibenarkan oleh pihak Bandara bahwa nantinya para Atlet akan menggunakan gerbong khusus yang steril dari penumpang umum.

"Rombongan atlet nanti akan diarahkan menggunakan LRT sekaligus untuk sosialisasikan LRT yang baru beroperasi," kata Koordinator posko transportasi Bandara Nur Muhammad melalui anggotanya Ngateman di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa.

"Biasanya gerbong untuk para atlet akan disterilkan dari masyarakat sehingga tidak akan berbaur. Bila ini terjadi masyarakat akan kita arahkan untuk menaiki kereta selanjutnya," tambahnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT.

 

Asian GamesAsian Games 2018PalembangBudi Karya SumadiSerba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini