x

Olahraga Ini Bantu Jack Ma Jadi Salah Satu Orang Terkaya Asia

Sabtu, 1 September 2018 12:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Jack Ma saat beraksi tai chi.

INDOSPORT.COM - Pendiri raksasa e-commerce Alibaba, Jack Ma, mengungkapkan bahwa bela diri Tai Chi berperan besar membentuk karakternya dalam berbisnis. 

"Saya menggunakan filosofi Tai Chi dalam bisnis," ujar Ma, seperti dikutip QZ.

"Santai saja-selalu ada jalan keluar. Dan buat diri Anda tetap seimbang. Bisnis adalah kompetisi dan kompetisi itu menyenangkan. Bisnis tidak seperti medan perang di mana kalau tidak mati, Anda menang. Dalam bisnis, sekalipun Anda mati, saya bisa jadi kalah," tambah pria yang awalnya berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris itu. 

Baca Juga

Jack Ma diketahui memang telah mencintai bela diri Tai Chi sepanjang hidupnya. Ia pun sempat muncul dalam film bela diri berdurasi 24 menit bertajuk 'Gong Shou Dao' yang turut dibintangi sejumlah ahli bela diri seperti Jet Li dan Tony Jaa.

Pada perayaan Guanggun Jie (Singles Day) yakni hari raya para jomblo di Chinapada 2017 lalu, Jack Ma juga mendemostrasikan ilmu Tai Chi miliknya sebagai bentuk sosialisasi yang bertujuan merevitalisasi bela diri tradisional tersebut ke muka dunia.

"Orang-orang tidak menyadari seberapa besar bela diri dan novel kung fu mempengaruhi Jack dan strateginya dalam berbisnis," ujar seseorang teman dekat Ma, dikutip dari Financial Times.

Baca Juga

"Mereka (Tai Chi) juga membantu membentuk idealismenya karena terkandung nilai-nilai baik di dalamnya," pungkasnya kembali.

Jack Ma yang memiliki kekayaan senilai 38,8 dolar AS (sekitar Rp570 triliun) ini dikabarkan akan menghadiri acara penutupan Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan Minggu (02/08/18) mendatang.

Penulis: Bagas Rahadian

Asian Games 2018BeladiriJack MaBerita Transfer

Berita Terkini