x

Presiden IOC Bermimpi Gelar Olimpiade di Asia Tenggara

Senin, 3 September 2018 13:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Sudah lebih dari 100 tahun, negara di Asia Tenggara tidak pernah menjadi tuan rumah Olimpiade.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach ternyata pernah bermimpi untuk mengadakan pesta olahraga terbesar di dunia di kawasan Asean (Asia Tenggara).

Perhelatan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia, Jakarta – Palembang mengalami kesuksesan besar. Kesuksesan itu nyatanya membuka peluang tuan rumah Olimpiade digelar di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Seperti dilansir dari Antara, pada Minggu (02/09/18) Thomas Bach mengaku pernah membayangkan bisa menggelar ajang sebesar Olimpiade di Asia Tenggara.

"Iya saya pernah membayangkan karena Olimpiade adalah ajang global dan keuniversalannya harus tercermin tak hanya lewat partisipasi 206 negara tapi juga harus tercermin dari penyelenggaraan Olimpiade di semua kawasan," kata Thomas Bach.

Baca Juga

Menurut Bach, perhelatan Olimpiade masih terdapat dua wilayah di peta yang belum pernah menggelar pesta terakbar tersebut. Pertama adalah Afrika dan yang kedua adalah Asia Tenggara.

Untuk wilayah Afrika sendiri, saat ini IOC sudah memutuskan menggelar Olimpiade Remaja Musim panas di Afrika pada 2022. Empat Negara dinyatakan telah tertarik untuk menyelenggarakan pesta akbar tersebut, antara lain adalah Bostwana, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.


1. Indonesia Tempat Terbaik

Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach.

Sementara untuk kawasan Asia Tenggara, Bach menyebutkan Indonesia merupakan salah satu tempat atau Negara yang dipercaya mampu menyelenggarakan Olimpiade. Hal itu dikatakan Bach usai mengetahui kesuksesan menggelar Asian Games 2018.

"Oleh karena itu saya bisa membayangkan menggelar Olimpiade di kawasan kalian. Di kawasan ini, saya kira Indonesia adalah salah satu tempat dan negara terbaik untuk melakukannya," kata Bach.

Baca Juga

Pada Sabtu (01/09/18) kemarin, Bach juga sudah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa Indonesia siap untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2032.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.

IndonesiaOlimpiadeInternational Olympic Committee (IOC)Thomas Bach

Berita Terkini