x

Ungkapan Berkelas INAPGOC dalam Opening Asian Para Games 2018

Sabtu, 6 Oktober 2018 22:07 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Kontingen China bentangkan spanduk 'Hello Indonesia' di pembukaan Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Ajang Asian Para Games 2018 telah dibuka pada hari ini oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Sebanyak 2.762 atlet dari 43 negara peserta akan mengikuti pertandingan 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga.

Asian Para Games tahun ini merupakan perhelatan ketiga setelah digelar pertama di Guangzhou (China) tahun 2010 dan di Incheon (Korea Selatan) tahun 2014.

Ini merupakan pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat Asia untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari menyampaikan kalau olahraga merupakan bahasa pemersatu di Indonesia di tengah upaya berbagai pihak yang tak bertanggung jawab yang hendak memecah belah bangsa.

“Bahkan, dua kandidat presiden (Joko Widodo dan Prabowo Subianto) yang sedang bertanding saja bisa berpelukan mesra untuk Indonesia tercinta," kata Okto dikutip dari Antara.

Menang atau kalah dalam suatu perlombaan memang penting bagi negara kita, tetapi lebih penting lagi Asian Para Games bisa meningkatkan nilai-nilai sportivitas, solidaritas, kemanusiaan, dan hubungan yang harmonis antar warga negara.

Pada akhirnya Asian Para Games diharapkan dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa

Baca Juga

Selepas pembacaan pidato Ketua INAPGOC dan Presiden Komite Paralimpiade Asia Majid Rashed, seluruh atlet, ofisial, dan tamu undangan dalam upacara pembukaan lantas mengheningkan cipta untuk mendoakan korban gempa bumi dan tsunami di Lombok, Palu, dan Donggala yang banyak memakan korban jiwa.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Para Games 2018 hanya di INDOSPORT
 

Joko WidodoPrabowo SubiantoAsian Para Games 2018INAPGOC

Berita Terkini