x

4 Khasiat Tak Terduga Olahraga Pilates Bagi Anak-anak

Senin, 10 Desember 2018 17:12 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang menyehatkan bagi semua orang baik dewasa maupun anak-anak. Salah satu olahraga yang memiliki khasiat tak terduga bagi anak adalah pilates.

Sebenarnya apa olahraga pilates itu? Pilates merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan membuat berbagai gerakan unik dan sederhana dengan bantuan alat pilates.

Pria asal Jerman Joseph Pilates adalah orang yang menemukan olahraga ini pertama kali. Karena dirinya sering terserang penyakit sewaktu kecil dan mulai gym hingga terciptalah olahraga pilates.

Baca Juga

Kendati begitu gerakan olahraga pilates ini memiliki perbedaan jika dilakukan oleh orang dewasa dan anak-anak. Gerakan olahraga pilates bagi anak-anak akan lebih sederhana lagi.

Sehingga anak-anak yang melakukan olahraga pilates dapat menerima manfaat yang begitu besar bagi perkembangan mereka. Apalagi olahraga pilates bisa dilakukan di rumah.

Sehingga olahraga pilates yang dilakukan anak-anak dapat terpantau langsung dari orang tua. Sekaligus orang tua menjadi pembimbing dalam mengarahkan sang anak berolahraga.

Baca Juga

Kira-kira apa saja manfaat olahraga pilates ini khususnya untuk anak-anak? Mari simak penjabaran lengkap INDOSPORT yang disadur dari laman Hello Sehat.


1. 1. Konsentrasi Bertambah

Ilustrasi pilates untuk anak

Olahraga pilates ternyata dapat membuat konsentrasi pada anak bertambah. Karena olahraga sederhana pilates membuat anak butuh konsentrasi penuh pada bagian tubuh yang digerakan.

Dengan instruksi yang diberikan orang tua atau pelatih, mau tidak mau sang anak akan melakukan arahan dengan fokus seperti menekuk lutut, menundukan kepala, hingga berdiri tegak. 

Baca Juga

Olahraga pilates bagi anak ini nyatanya mampu membuat efektivitas kerja anak juga lebih baik dalam menjalankan suatu aktivitas hari-hari. Apalagi si anak dapat fokus pada apa yang dikerjakannya.


2. 2. Postur Tubuh Kembali Benar

Ilustrasi pilates untuk anak

Lalu olahraga pilates bagi anak juga dapat membetulkan postur tubuh. Karena aktivitas si anak yang bermacam-macam mulai dari nonton televisi hingga menatap layar komputer yang berjam-jam sambil duduk.

Aktivitas ini dapat membuat tubuh anak mengalami gangguan jika terus menerus dilakukan. Untuk mencegah hal itu terjadi maka ada baiknya orang tua mulai mengajarkan olahraga pilates pada anak.

Baca Juga

Dengan melakukan gerakan pilates dapat membuat otot dan tulang anak tumbuh simetris. Lebih lanjut kalau dilakukan secara teratur akan membuat tubuh anak kuat dari cedera.


3. 3. Berkembangnya Kelenturan

Ilustrasi pilates untuk anak.

Kemudian olahraga pilates untuk anak juga dapat mengembangkan kelenturan lantaran usia anak-anak adalah waktu yang tepat untuk hal tersebut. Sehingga anak nantinya bisa dengan lincah beraktivitas.

Gerakan pilates dapat membantu menjaga otot dan tendon anak yang super aktif. Anak pun jadi memiliki jangkauan dalam bergerak ke yang lebih luas semisal adalah melompat.

Anak-anak yang memiliki tingkat kelenturan yang baik akan jauh dari risiko nyeri otot atau cedera ketika melakoni aktivitas mereka yang padat. Sekaligus meningkatkan tingkat kecerdasan.

Baca Juga

4. Otot yang Kuat

Terakhir adalah olahraga pilates dapat membuat otot pada anak semakin kuat. Apalagi otot merupakan sebuah kekuatan yang kerap digunakan anak-anak dalam menjalani kegiatannya.

Pilates pada kenyataannya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot inti tubuh. Otot inti sendiri terdiri dari otot perut bagian dalam dan dekat dengan tulang belakang.

Bertambahnya kekuatan otot pada anak dapat menstabilkan koordinassi tubuh. Sehingga fisik si anak akan terlihat lebih aktif dalam melakukan apapun seharian.

Terus Ikuti Update Komunitas Sehat dan Berita Olahraga Soal Tips dan Trik Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Komunitas SehatMulti-EventOlahragaPilatesTips dan Trik

Berita Terkini