x

Eksklusif Augie Fantinus: Keluar Penjara Hingga Abdikan Diri untuk Basket Indonesia

Minggu, 7 April 2019 17:15 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
Augie Fantinus, aktor sekaligus mantan manajer Timnas Basket Putri Indonesia

INDOSPORT.COM - Terkenal sebagai salah satu sosok selebritas yang humoris dan menyenangkan, akhir tahun lalu tepatnya 12 Oktober 2018 Augie Fantinus menggegerkan publik. Augie berurusan dengan pihak kepolisian yang berujung di jeruji besii

Kasus ini dimulai ketika Augie mengunggah video aparat kepolisian di akun Instagram pribadinya dan mengira bahwa polisi tersebut menjadi calo tiket Basket Kursi Roda di ajang Asian Para Games 2018. Namun sayangnya, tuduhan tersebut tidak terbukti.

Baca Juga

Oleh karena itu, Augie dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat (2) Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman enam tahun penjara.

Dua bulan setelahnya, 7 Januari 2019 film perdana Augie 'Lagi-Lagi Ateng' sebagai pemeran utama tayang. Karena masih mendekam di penjara, Augie tidak bisa menonton film kebanggaannya tersebut. Diwakili istri tercinta, Adriana Bustami, Augie hanya bisa mengirimkan sepucuk surat ketika acara press screening berlangsung.

Augie Fantinus bersama klub basket artis Happy Baller.

Pada akhirnya, Senin (11/03/19) Mantan manajer Timnas Basket Putri Indonesia ini resmi dinyatakan bebas setelah lima bulan masa penahanan. Tanpa basa-basi, setelah itu Augie kembali aktif ke kegiatannya semula terutama di dunia Basket Indonesia.

Mengaku tidak ada trauma dengan basket, Augie pun mengambil job pertamanya sebagai pemandu acara di konferensi pers final Indonesian Basketball League (IBL) dan terlihat selalu hadir di agenda-agenda basket Indonesia.

Secara khusus kepada INDOSPORT, Augie bercerita terkait kesibukannya usai bebas dari penjara hingga komentar dan tanggapannya tentang Basket Indonesia. Berikut wawancaranya.


1. Kesibukan Usai Bebas Dari Penjara

Augie Fantinus.

INDOSPORT: Halo Augie, apa kabar? Sepertinya terlihat tambah segar ya sekarang. Kalau dilihat dari postingan Instagramnya sedang seru-serunya menikmati Quality Time dengan keluarga ya?

Augie Fantinus: Halo, wah betul! Puji Tuhan, kabar baik, sehat, dan senang. Ya begitulah, karena banyak momen yang terlewat selama lima bulan dan kebetulan sekarang banyak kerjaan yang bisa dikerjakan bareng keluarga.

INDOSPORT: Seru banget ya. Kalau kesibukan usai keluar dari penjara sendiri gimana nih, Augie?

Augie Fantinus: Sehabis liburan, sudah mulai ambil-ambil kerjaan sih ya.

INDOSPORT: Dari kemarin kalau dilihat pekerjaan selalu terkait tentang basket, memang sengaja atau kebetulan saja?

Augie Fantinus: Nggak pernah milih-milih kerjaan sih, tapi memang khusus menyediakan waktu untuk basket. Mulai dari nge-Vlog dan nonton kompetisi IBL yang sempat kelewat di youtube dan hadir di finalnya, terus tadinya juga mau nonton ABL cuma sudah ada agenda dan tiketnya mahal hahaha,  kalau untuk Srikandi Cup semoga bisa nonton babak play off-nya.


2. Ngobrol Tentang Basket Indonesia di Sea Games 2019 dan Piala Dunia 2023

Kiri-kanan: Augie Fantinus Wiyana, Ahok, Djarot dan Yosi.

INDOSPORT : Ngomongin tentang basket nih, menurut Augie apa sih tantangan timnas Basket Indonesia di Sea Games 2019?

Augie Fantinus: Pemain harus sudah disiapkan dari sekarang. Walaupun belum latihan secara rutin, minimal bangun chemistry, karena basket itu perihal chemistry yang akrab sehingga tercipta teamwork yang luar biasa. Seperti Indonesia Warriors, Jangan dipisah-pisah lagi lah tim dan pemain yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga

INDOSPORT: Terkait Piala Dunia Basket 2023 dan Indonesia menjadi tuan rumah, apa yang perlu Indonesia persiapkan menurut Augie?

Augie Fantinus: Jadi Tuan Rumah itu nggak gampang, yang penting fokus saja dulu sebagai tuan rumah. Ini kesempatan yang baik layaknya Asian Games 2018, jangan berpikir tentang juara dulu karena ini tingkat dunia dan agak jauh ya. Kalau kita sudah bisa dipercaya, bisa berimbas baik ke Olimpiade bahkan NBA mungkin, untuk pre-season dan global games-nya.


3. Timnas Basket Indonesia Minim Prestasi?

Timnas Basket Indonesia di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

INDOSPORT: Kalau disebut Timnas Basket Indonesia masih minim prestasi, Augie setuju nggak?

Augie Fantinus: Nggak setuju dong, karena yang saya lihat Basket Indonesia baik putra maupun putri setiap tahun itu meningkat. Nggak hanya itu, potensi mudanya aja bisa lihat di DBL itu bagus-bagus sekali.

Saya bisa bilang, kita lebih unggul daripada Thailand. Biarin saja lah orang berkata apa, dijadikan sebagai motivasi saja.

INDOSPORT: Memang apa kekurangan basket Indonesia yang perlu diubah segera menurut Augie? 

Augie Fantinus: Kompetisi harus berjalan konsisten, apa yang salah dievaluasi. Liga kita sudah oke kok, cuma setiap tahun harus diperbaiki dari draft, perekrutan pemain asing, rookie yang nggak dipake sama sekali, dan IBL All Star yang nggak rame.

Pemerintah juga harus lebih serius. Saya gak cuma kritik, saya juga minta tolong, ayo libatin saya dan teman-teman yang cinta basket Indonesia. 

INDOSPORT: Kalau dari PERBASI sendiri hal apa yang masih kurang? Kemarin tim kami lihat juga, daftar prestasi terakhir di web berhenti di tahun 2019.

Augie Fantinus: Saya rasa PERBASI harus ada agenda ya, seperti list prestasi. Itu hal kecil tapi pengaruhnya besar. Orang mau tau kemajuan basket kita jadi nggak tau apa-apa. Jujur, saya waktu 2015 pegang akun medsos Timnas Basket Putri sendiri, sampai sekarang juga masih suka posting mereka karena bangga aja. Update itu penting sekali.

INDOSPORT: Terakhir, apa harapan untuk basket Indonesia?

Baca Juga

Augie Fantinus: Medali emas untuk Timnas Basket Putri dan Putra Indonesia di Sea Games 2019. Target jangan setengah-setengah, harus tinggi. Semoga segala persiapan dilancarkan, intinya jalanin aja dulu biar persiapan kita bisa matang dan basket Indonesia bisa maju.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT 

Timnas Basket IndonesiaWawancara KhususArtis IndonesiaArtisBasketAugie FantinusBerita Transfer

Berita Terkini