x

World Beach Games di Bali Terancam Batal Seperti Piala Dunia U-20, Darius Sinathrya Mencak-mencak

Kamis, 6 April 2023 15:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan COO klub Liga 1 RANS Nusantara FC, Darius Sinathrya, ikut berkomentar menyusul rumor ANOC World Beach Games di Bali terancam batal. Foto: Zainal Hasan/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Artis sekaligus mantan COO klub Liga 1 RANS Nusantara FC, Darius Sinathrya, ikut berkomentar menyusul rumor ajang ANOC World Beach Games yang akan digelar di Bali terancam batal.

Darius Sinathrya mengungkapkan kegeramannya jika ANOC World Beach Games benar-benar dibatalkan buntut dari penolakan Israel sebagai salah peserta di ajang tersebut.

ANOC World Beach Games dijadwalkan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023. Ajang merupakan olahraga pinggir pantai ini merupakan multieven terbesar nomor tiga setelah Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin.

Sebelumnya, Israel juga ditolak kedatangannya di Piala Dunia U-20 di Indonesia yang berujung keputusan FIFA membatalkan pesta sepak bola U-20 sedunia tersesebut.

“World Beach Games mau dibatalin juga? Sekalian aja keluar dari FIFA, IOC dan 25 organisasi olahraga dunia lainnya,” tulis Darius Sinathrya melalui cuitan pada akun Twitter-nya, Kamis (06/04/23).

Baca Juga

Pria yang juga berprofesi sebagai presenter olahraga  juga menyampaikan dibatalkan World Beach Games ini bakal mencoreng nama Indonesia di mata dunia.

Pasalnya, ini akan jadi kedua kalinya dalam satu tahun Indonesia batal menjadi tuan rumah dua event bergengsi di bidang sepak bola dan multi-olahraga.

Baca Juga

“Lanjut bikin sendiri, ajakin negara-negara yang belum gabung di sana, jadi tuan rumah buat mereka. Pokoknya semua salah, yang bener cuma Anda!! Bikin susah 1 negara!!,” lanjut Darius Sinathrya.

Pernyataan pedas Darius Sinathrya tersebut tak pelak langsung disambut ramai para netizen.

Seorang netizen menanggapi bahwa saat ini Indonesia mungkin dituntut bersikap konsisten menolak Israel tidak hanya di Piala Dunia U-20 namun juga World Beach Games 2023.

Banyak tekanan mungkin setelah kemaren tolak israel tuan rumah Piala Dunia U-20 jadi batal, sekarang mereka dituntut untuk konsisten tolak Israel jangan cuma di bola aja kalau emang bukan untuk kepentingan tertentu aja, enggak boleh standar ganda,” tulis akun @EvansDW***.

Baca Juga

1. Presiden Jokowi Belum Dapat Laporan dari Wayan Koster

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Akun lainnya @extracheesedong menimpali, “Koar koar perihal ganevo. Padahal realitanya, indo nolak Taiwan karena intervensi dari Tiongkok. Dan setelah pak proklamator bikin ganevo, Indonesia mengalami inflasi hingga 600%. Ya itu semua karena gengsi, tanpa peduli sama perut rakyatnya sendiri.”

Meresahkan juga baca berita tentang olahraga indonesia di triwulan ini, tapi cobalah sisi positif nya aja diambil. Kalau semua terjadi, apa orang indonesia bakal diem, damai tenang ketika event berlangsung? Apa yakin orang fanatik disana ga bakal ngapain-ngapain?,” tulis akun @arphan***

Ga jelas memang om.... Dukung kemerdekaan negara orang kok sampe ga masuk akal gini kenapa sih ga bisa contoh mesir,arab dan Maroko yg dukung Palestina tpi ga nutup rapat utk israel..... Ini mah udah kelewatan aneh nya,” akun @Hari_shevche*** menimpali.

Kekhawatiran bahwa World Beach Games ke-2 di Bali teratal jadi ancam batal setelah polemik Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dikemukakan oleh anggota BWF, Bambang Rudyanto.

Dalam cuitannya di Twitter, Bambang Rudyanto, menyoroti pernyataan resmi Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam menanggapi batalnya Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Wayan Koster sebelumnya memang membuat pernyataan menolak kedatangan Israel yang merupakan salah satu peserta pesta sepak bola untuk kelompok usia muda tersebut.

Gara-gara penolakan Wayan Koster dan sejumlah tokoh politik di Tanah Air lainnya, Piala Dunia U-20 2023 akhirnya batal digelar di Indonesia dan akan dipindahkan ke negara lain.  

Terbaru, Wayan Koster kembali menegaskan penolakan kedatangan Israel yang akan bertanding di ANOC World Beach Games 2023.

Baca Juga

Koster beralasan penolakan kepada atlet Israel berpedoman pada Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

Bertolak belakang dengan I Wayan Koster, Presiden Joko Widodo saat ditanya awak media soal potensi batalnya ANOC World Beach Games karena penolakan Israel mengaku tidak tahu apa-apa.

“Saya belum dapat laporan dari Gubernur Bali,” kata Jokowi acara Tanam Padi Bersama Petani di Tuban, Kamis (06/04/23).

Sekadar informasi, atlet-atlet dari Israel dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali berdasarkan hasil di babak kualifikasi cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3x3.

Baca Juga
IsraelJoko WidodoBaliDarius SinathryaWorld Beach Games

Berita Terkini