x

Siapa Eva Fabian? Atlet Israel yang Bakal Tampil di World Beach Games di Bali

Jumat, 7 April 2023 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Atlet asal Israel, Eva Fabian, akan tampil di ANO World Beach Games 2023. Foto: Instagram@fabulouslyeva.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Eva Fabian, atlet Israel yang bakal berpartisipasi di ANOC World Beach Games di Bali pada bulan Agustus mendatang.

Event World Beach Games akan kembali digelar, tepatnya untuk kali kedua, di Bali, Indonesia, pada 5 sampai 12 Agustus 2023.

Namun sayang, di tengah euforia menyambut event kelas dunia ini, persiapannya sedikit ‘ternoda’ degan isu atlet Israel yang belakangan menggema di Indonesia.

Seperti diketahui, penolakan atlet Israel untuk bermain di Indonesia belum lama ini memang menjadi polemik besar jelang digelarnya Piala Dunia U-20 2023.

Singkat kata, Piala Dunia U-20 2023 pun batal digelar di Indonesia dan hal ini pun memunculkan tanda tanya besar terkait pelaksanaan ANOC World Beach Games.

Baca Juga

Pasalnya di event ini bakal ada atlet Israel yang berpartisipasi. Ia adalah open swimmer wanita yang bernama Eva Fabian.

Ia bakal jadi wakil Israel di cabor open water swimming women's 5 km setelah memastikan diri lolos dari kualifikasi per Juni 2022 lalu.

Baca Juga

Eva Fabian memastikan tiket ke Bali setelah finis di peringkat 17 di ajang FINA World Championship 2022, dengan catatan waktu 1 jam 54,4 detik.

Tentu saja, lolos ke ANOC World Beach Games merupakan kebanggaan tersendiri bagi sang atlet, apalagi ia akan bertanding mewakili negaranya.

Hanya saja, keberadaan Eva Fabian mungkin bisa jadi polemik jelang event mengingat ia adalah atlet yang mewakili Israel.

Baca Juga

1. Profil Eva Fabian

Atlet asal Israel, Eva Fabian, akan tampil di ANO World Beach Games 2023. Foto: Instagram@fabulouslyeva.

Eva Fabian sendiri awalnya merepresentasikan negara kelahirannya, Amerika Serikat. Akan tetapi, ia pindah dan mendapat kewarganegaraan Israel pada 2017.

Sejak saat itu, atlet yang satu ini mewakili Israel di berbagai kejuaraan termasuk World Aquatics Championships yang digelar di Gwangju, Korea Selatan, 2019 lalu.

Sejak kecil, Eva Fabian sudah terbiasa dengan air. Ia lahir di Maryland dan dibesarkan di Keene, New Hampshire, yang dikelilingi oleh danau.

Tidak ayal, hal itu  pun secara alamiah membuatnya tertarik berenang di perairan terbuka. Dia mulai belajar saat usia 5 atau 6 tahun, karena ingin menjadi seperti kakak laki-lakinya.

Awalnya, ia belajar renang hanya untuk bersenang-senang, namun lambat laun jatuh cinta dengan olahraga ini hingga sekarang memilih profesi sebagai atlet.

Baca Juga

“Dia [kakaknya] boleh melompat dari papan diving di kolam renang. Saya ingin melakukan itu [diving] bersamanya,” ucap Eva Fabian dikutip dari haaretz.com.

“Jadi saya harus belajar berenang. Awalnya untuk senang-senang saja tapi kemudian saya jatuh cinta,” tambah wanita yang kini berusia 29 tahun tersebut.

Baca Juga

Practice makes perfect, nampaknya istilah yang tepat untuk menggambarkan perjuangan Eva Fabian dalam menaklukkan air.

Saat usia 14 tahun, ia bahkan berhasil menempuh jarak 10 kilometer di perairan terbuka, dan di balik kesuksesan itu ternyata ada tipsnya.

“Saya tidak memikirkan kilometer. Bagi saya itu sekitar enam mil,” ucapnya saat membeberkan apa yang membuatnya bisa berenang sejauh itu.

Baca Juga

2. Eva Fabian di World Beach Games?

Atlet asal Israel, Eva Fabian, akan tampil di ANO World Beach Games 2023. Foto: Instagram@fabulouslyeva.

Eva Fabian pun terus melanjutkan kariernya sebagai perenang di perairan terbuka (open swimming), hingga mendapat panggilan memperkuat Timnas AS.

Saat usia 15 tahun, ia berpartisipasi di ajang 10k dan 25k, yang membuatnya harus bertahan di laut terbuka 5 hingga 6 jam.

Selama membawa nama AS, Eva Fabian sudah meraih medali di banyak ajang termasuk Kejuaraan Dunia Akuatik FINA dan Kejuaraan Dunia Perairan Terbuka (Open Water).

Namun kini ia sudah beralih ke Israel dan sedang bersiap tampil di ANOC World Beach Games 2023 di Bali. Lantas, bagaimana nasibnya kelak?

Jelang perhelatan ini, Menpora RI, Dito Ariotedjo, masih berupaya berkomunikasi serta berkoordinasi lebih intensif dengan para stakeholder terkait.

"Ya saya juga baru melihat di media, untuk World Beach Games ini akan kita komunikasikan lebih intens dan dilanjutkan," ujar Dito Ariotedjo.

Di sisi lain, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, telah menyampaikan sudut pandangnya terkait hal ini.

Ia berharap, olahraga bisa menjadi alat pemersatu bangsa yang netral, sarana komunikasi yang positif, dan tentunya tidak memecah belah.

World Beach Games 2023 nantinya bakal diikuti 14 cabang olahraga dari 14 federasi internasional, ditambah statuta dari ANOC dan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Sebagai informasi, selain open swimming, Israel juga punya wakil di tim basket 3x3. Kini, publik tengah menanti bakal seperti apa kelanjutan event ini setelah drama Piala Dunia U-20 2023.

Sumber: haaretz.com

IsraelMulti-EventBerita OlahragaWorld Beach Games

Berita Terkini