x

Atlet Paralimpiade David Jacobs Tutup Usia, Prestasinya Segudang untuk Indonesia

Jumat, 28 April 2023 10:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Atlet para tenis meja, David Jacobs, meninggal dunia.

INDOSPORT.COM - Dunia olahraga Indonesia kembali berduka. Atlet para tenis meja, David Jacobs, meninggal dunia.

Kabar duka tersebut diketahui dari informasi yang dibagikan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia pada Jumat (28/04/23) pagi WIB.

"Selamat jalan pahlawan olahraga Indonesia,” demikian bunyi unggahan NPC Indonesia melalui akun Instagram resmi mereka.

“Duka kami yang begitu mendalam atas kepergian olahragawan para tenis meja Dian David Michael Jacobs.”

Dalam pernyataannya, NPC Indonesia juga mendeskripsikan David Jacobs tidak hanya sebagai seorang olahragawan, tetapi juga senior, sahabat, teman, dan panutan yang sangat baik.

Baca Juga

Kebaikannya itu pun terlihat baik di dalam maupun luar lapangan, dipadukan segudang prestasi yang membanggakan bagi dunia olahraga Indonesia.

Sampai tulisan ini dibuat, belum diketahui secara pasti penyebab dan detail wafatnya peraih medali Paralimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Baca Juga

Sebelum meninggal dunia, David Jacobs diketahui masih mengunggah beberapa postingan ke akun medsos Instagram-nya.

Selain beberapa foto momen bersama keluarga di Solo, ia juga membuat Insta Story yang terunggah kurang lebih 22 jam yang lalu.

Usai kabar wafatnya menyebar, para warganet pun berbondong-bondong menyampaikan pesan dan salam perpisahan di unggahan teranyar sang atlet. 

Baca Juga

1. David Jacobs Atlet Berprestasi Langganan Medali

Atlet para tenis meja, David Jacobs, meninggal dunia.

David Jacobs merupakan atlet para tenis meja berprestasi yang sudah sering membawa nama harum Indonesia di kancah dunia.

Sebagai atlet senior, ia pernah berpartisipasi di sejumlah event internasional seperti Paralimpiade, Kejuaraan Para Tenis Meja Asia, ASEAN Para Games, dan Asian Para Games.

Yang teranyar, David Jacobs meraih medali emas di ajang ASEAN Para Games yang berlangsung di Solo tahun lalu.

Ia menyumbang emas untuk Indonesia melalui sektor ganda putra bersama Komet Akbar dan ganda campuran bersama Sella Dwi Radayana, keduanya di Class 10.

Namun tidak hanya di Solo, David Jacobs merupakan atlet yang sudah langganan medali ASEAN Para Games selama berkarier di para tenis meja.

Baca Juga

Begitu pula di ajang Asian Para Games, di mana ia juga memperoleh medali di edisi Guangzhou 2010, Incheon 2014, dan Jakarta-Palembang 2018.

Di level Paralimpiade, David Jacobs juga pernah mempersembahkan medali untuk Indonesia, masing-masing perunggu di London 2012 dan Tokyo 2020.

Baca Juga

Meninggal Dunia

Dari informasi yang dihimpun INDOSPORT, David Jacobs sedang berada di Jakarta untuk mengurus sejumlah dokumen untuk mengikuti turnamen di Slovenia.

Saat hendak pulang ke Solo menggunakan kereta api, ia mendadak pingsan di stasiun dan dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia.

Selain menjadi atlet para tenis meja, David Jacobs juga menjabat sebagai ketua National Paralympic Committee (NPC) DKI Jakarta.

Baca Juga

Sumber: NPC Indonesia

Tenis MejaDavid JacobsBerita Olahraga

Berita Terkini