x

Pecah Telur! Bekuk Malaysia, Timnas Hoki Indoor Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023

Senin, 8 Mei 2023 16:16 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Juni Adi
Timnas Hoki Indoor Indonesia di SEA Games Kamboja 2023. (Foto: NOC Indonesia)

INDOSPORT.COM - Timnas Hoki Indoor Indonesia sukses meraih medali emas perdananya di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Tim Merah Putih mengukir tinta emas usai mengalahkan Malaysia di pertandingan final cabang olahraga Hoki Indoor SEA Games 2023 di Dinosaur Hall Pnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023).

Baca Juga

Keberhasilan Timnas Hoki Indoor Indonesia yang diasuh pelatih asal Malaysia, Muhammad Dharma Raj ini sekaligus meruntuhkan nama besar Malaysia.

Sebab, selama ini Malaysia dikenal sebagai Raja Hoki Indoor yang langganan medali emas pada setiap pelaksanaan multi event dua tahunan negara Asia Tenggara.

Baca Juga

Selain itu, timnas Hoki Indoor Malaysia juga diperkuat beberapa pemain hoki Outdoor Olimpiade 2021 Tokyo. Dalam pertandingan itu, Prima Rinaldi dan kawan-kawan sempat tertinggal 0-3 dari Malaysia.

Namun, mereka mampu mencetak tiga gol untuk menyamakan kedudukan pada waktu 5 menit 30 detik menjelang pertandingan penentuan kuartal keempat berakhir. Tiga gol tersebut dicetak Hendri, Ferdian dan Muhammad Alfiana (9 detik jelang berakhir).

Pertandingan dilanjutkan dengan babak finalti dan Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia yang dengan skor 2-1. Dua gol penalti Indonesia dicetak Prima Rinaldi dan Andre Guntara.


1. PP FHI Ikut Bangga

Timnas Hoki Indoor Indonesia di SEA Games Kamboja 2023. (Foto: NOC Indonesia)

Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy, mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh timnas Hoki Indoor Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Terlebih, dirinya menilai bahwa pertarungan timnas Hoki Indoor Indonesia melawan skuad Malaysia kemarin, Minggu (07/05/23), terbilang cukup sengit.

Baca Juga

"Mereka telah mencatat sejarah pertama kali membawa Timnas Hoki Indoor Indonesia sebagai juara pada SEA Games 2023 Kamboja ini,” tutur Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy.

“Dan, mereka meruntuhkan nama besar Malaysia sebagai Raja Hoki Indoor Putra Asia Tenggara," imbuhnya.

Baca Juga

Dari pertandingan Hoki Indoor ini, Timnas Putri Indonesia menyumbangkan medali perunggu setelah kalah dari Malaysia dengan skor 2-3 di semifinal.

Medali emas direbut Timnas Hoki Indoor Putri Thailand yang mengalahkan Malaysia di final dengan skor 1-0.

Baca Juga

"Alhamdulillah Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia menjadi juara sekaligus menyumbangkan medali emas Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja,” ucap Ketua Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Budi Sulistijono.

“Semua itu merupakan karunia dari Allah SWT yang memberikan hadiah dari pengorbanan PP FHI yang selama ini melakukan pembinaan berjenjang dan berkesinambungan dan juga dukungan Kemenpora," tutupnya.

SEA Games 2023

Berita Terkini