x

SEA Games 2023: Bungkam Filipina, Medali Emas Timnas Basket Putri Indonesia Makin Dekat

Jumat, 12 Mei 2023 19:41 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Medali emas Timnas Basket Putri Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja semakin di depan mata setelah sukses membungkam Filipina. (Foto: yoga Prakasita/perbasi)

INDOSPORT.COM – Medali emas Timnas Basket Putri Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja semakin di depan mata setelah sukses membungkam Filipina.

Sejak bertanding pertama kali di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2, Timnas Basket Putri sudah tampil beda. Mereka mampu mengakhiri kutukan sulit menang di laga perdana sejak dengan menghantam Vietnam 67-62.

Baca Juga

Kemenangan tersebut membawa angin segar dan membuat timnas basket putri quat-trick mengecap kemenangan.

Usai Vietnam, giliran Thailand dan Malaysia dibungkam. Teranyar, raja Asia Tenggara, Filipina, digulung dengan skor meyakinkan 68-89 pada hari ini, Jumat (12/05/23).

Baca Juga

Penanggung Jawab Timnas Basket Putri, Christopher Tanuwidjaja, semringah melihat catatan sejarah yang diukir Timnas Basket Putri Indonesia. Menurutnya, catatan apik tersebut bisa semakin mendekatkan Timnas Basket Putri untuk meraih emas.

“Sebentar lagi basket putri Indonesia membuat sejarah baru. Bisa dikatakan saat ini 85 persen emas sudah ada di tangan kita meski masih sisakan dua pertandingan melawan Kamboja dan Singapura,” ujar Christopher.

Baca Juga

Kemenangan Timnas basket putri Indonesia di laga melawan Filipina hari ini, Jumat (12/05/23), merupakan revans setelah di pertemuan sebelumnya kalah.

Mengingat pada SEA Games 2021 silam, Timnas basket putri Indonesia menyerah dari Filipina dengan skor 77-93.


1. Jalannya Pertandingan

Timnas Basket Putri Indonesia Rebut Puncak Klasemen SEA games 2023 Usai Hajar Malaysia, Kamis (11/05/23). (Foto: yoga Prakasita/perbasi)

Sinyal Timnas Basket Putri menutup pertandingan melawan Filipina dengan kemenangan bisa dirasakan di awal pertandingan.

Meski kesulitan, Henny Sutjiono dkk selalu bisa keluar dari tekanan. Bahkan sebelum turun minum, pertandingan sempat jadi milik Filipina dengan skor 37-35.

Baca Juga

Beruntung di second half pasukan garuda mampu bangkit dan berbalik unggul pada kuarter ketiga dengan skor 63-49.

Pada kuarter pemungkas, permainan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma dkk semakin di atas angin dan mampu menutup pertandingan unggul 21 angka atas Filipina dengan skor 89-68 dari Filipina.

Baca Juga

Yuni Anggraeni menjadi bintang kemenangan Timnas basket putri Indonesia seusai finis dengan raihan 24 angka.

Pemain lainnya yang gemilang di antaranya Kimberley Pierre Louis yang cetak double-double dengan tambahan 20 poin dan 15 rebound.

Baca Juga

Sementara itu dari kubu Filipina, yang dominan hanya Janine Ricalde Pontejos dan France Mae Rosal Cabinbin yang masing-masing mengemas 11 angka dan 10 poin.

Asisten pelatih Timnas basket putri Indonesia, July Wong, memberikan apresiasi kepada anak asuhannya.

Baca Juga

Menurut July, semangat Priscilla Annabel Karen dkk sangat termotivasi untuk meraih kemenangan agar langkah meraih medali emas lebih mudah.

"Dari awal laga anak-anak sudah semangat. Mereka selangkah lagi merebut medali emas kendati masih tersisa dua laga tersisa. Saya memberikan apresiasi kepada para pemain karena mereka bermain luar biasa hari ini," tutup asisten pelatih Timnas Basket Putri Indonesia, July Wong.

SEA GamesBasketBerita BasketTimnas Basket Putri Indonesia

Berita Terkini