Jabar Habiskan Rp 3,1 Triliun untuk PON 2016

Jumat, 5 Desember 2014 16:53 WIB
Editor: Abinery Hamzano
 Copyright:

Ahmad Heryawan mengatakan jumlah tersebut menjadi anggaran terbesar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar selama dirinya memimpin Jabar.

"Untuk mempersiapkan penyelenggaraan PON XIX/2016 di Jabar, kita persiapkan anggaran yang sangat besar di APBD. Bahkan paling besar selama saya memimpin Jabar," ungkap Ahmad Heryawan, 

Dengan begitu, pihaknya akan melakukan penganggaran secara multiyear dengan rincian, Rp 200 miliar pada APBD 2014 kemudian ditambah sebesar Rp 300 miliar pada APBD-Perubahan. Kemudian lanjut dia, di tahun 2015, sudah dianggarkan sebesar Rp 1,3 triliun untuk menyelesaikan pembangunan venue cabang olahraga untuk PON XIX/2016.

"Kemudian Rp 200 miliar untuk alat-alat olahraga, dan sebesar Rp 500 miliar untuk perbaikan infrastruktur. Anggaran sebesar Rp 500 miliar tersebut dialokasikan di Dinas Binamarga untuk perbaikan jalan menuju venue PON XIX, termasuk untuk pembuatan interchange. Dan terakhir di tahun 2016, kita sudah anggarkan sebesar Rp 800 miliar untuk penyelenggaraan," jelasnya.

Dengan itu juga, kata dia beberapa pos anggaran di bidang lain pun dengan terpaksa dipangkas. 

"Tapi saya yakin, apa yang sudah dibangun untuk PON XIX/2016 akan memiliki kegunaan yang panjang. Seperti akses jalan dan venue beberapa cabang olahraga yang menyedot anggaran paling besar," tegasnya.

“Itu akan bermanfaat panjang dan akan digunakan juga oleh masyarakat Jabar. Tak hanya itu, pengembangan keolahragaan pun akan makin baik. Jadi anggaran besar yang digunakan ini bukan pemborosan, tapi ada kegunaan dan manfaatnya sangat besar," lanjutnya.

Saat ini pihaknya mengaku sudah mengajukan proposal bantuan melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) agar mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan PON XIX/2016.

"Biasanya, untuk PON, peerintah pusat memberikan bantuan melalui APBN sebesar Rp 100 milyar seperti yang diterima Riau saat jadi tuan rumah PON XVIII/2012 lalu. Mudah-mudahan kita mendapatkan lebih dari itu, harapannya sih bisa dapat Rp500 milyar," harapnya.

1