Biar Lebih Merakyat, Sebaiknya Debat Cagub DKI Digelar di Tiga Arena Olahraga Bersejarah Ini Saja

Kamis, 26 Januari 2017 14:13 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Kabarnya, acara debat kedua yang bakal digelar pada Jumat (27/01/17) akan kembali mengambil lokasi yang sama seperti pada acara debat pertama, yaitu di sebuah hotel berbintang empat di daerah Jakarta Selatan bernama Hotel Bidakara.

Seperti pada debat sebelumnya, debat Calon Gubernur DKI kali ini juga akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi di Tanah Air. KPUD DKI kabarnya telah bekerja sama dengan tiga stasiun televisi penyelenggara, yakni Metro TV, MNC, dan TVRI.

Rencananya, debat kali ini masih akan dipandu oleh seorang presenter cantik yang telah malang melintang di beberapa stasiun televisi Tanah Air. Jika pada debat sebelumnya dipandu oleh Ira Koesno, maka debat kali ini akan dipandu oleh Tina Talisa.

Jika berkaca pada debat sebelumnya, debat yang diikuti oleh ketiga pasangan calon, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno terkesan kurang merakyat, karena digelar di hotel berbintang yang kurang mencerminkan keberpihakan kepada masyarakat kecil.

Padahal hampir dalam setiap kampanye politiknya, ketiga pasangan calon tersebut selalu menyuarakan keprihatinan mereka terhadap nasib masyarakat kecil, bahkan kerap blusukan ke gang-gang sempit di beberapa sudut wilayah ibu kota.  

Di tambah lagi, pada depat pertama, suasana debat justru lebih terkesan khusuk layaknya acara peribadatan ketimbang acara debat. Pasalnya, tiap pasangan calon hanya boleh membawa 100 orang pendukung. 

Pertanyaannya, apakah tidak lebih seru jika debat antar calon pemimpin itu digelar di tempat yang lebih bisa mendekatkan ketiga pasangan calon tersebut dengan rakyat yang akan dipimpinnya?

Jika mengacu pada tema yang akan diangkat, yakni reformasi birokrasi, pelayanan publik, dan penataan kawasan perkotaan, elok rasanya apabila debat digelar di salah satu dari tiga arena olahraga bersejarah yang berhasil terangkum oleh redaksi INDOSPORT berikut.

101